5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Inggris Musim 22/23, Haaland Jadi yang Tertajam

Selain top skorer, Haaland juga berhasil raih predikat pemain terbaik dan pemain muda terbaik di Liga Inggris musim ini

5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Inggris Musim 22/23, Haaland Jadi yang Tertajam Erling Haaland bersama Manchester City | Oli Scarff/AFP

Kompetisi sepak bola terbesar di Inggris, Liga Inggris musim 2022/2023 baru saja usai pada Minggu (28/5) lalu. Laga antara Crystal Palace berjumpa dengan Nottingham Forest yang berakhir imbang 1-1 menjadi penutup kompetisi yang disebut-sebut sebagai liga terkompetitif di dunia itu.

8 hari jelang liga berakhir, Manchester City telah dipastikan memegang titel jawara pada musim ini, sekaligus menjadi gelar ketiganya secara beruntun. Kepastian juara tersebut diraih setelah pesaing terdekatnya Arsenal kalah dari Nottingham Forest dengan skor tipis 1-0 pada Sabtu (20/5).

Setelah masing-masing klub bermain sebanyak 38 kali, akhirnya ditetapkan Manchester City, Arsenal, Manchester United, dan Newcastle United sebagai perwakilan Liga Inggris untuk berjuang di Liga Champions UEFA musim 2023/2024 karena finis di empat besar pada klasemen akhir. Sementara itu, Liverpool dan Brighton yang berada di posisi 5 dan 6 berhak lolos ke Liga Eropa UEFA dan Aston Villa yang berada di posisi 7 berhak lolos ke babak play-off Liga Konferensi Eropa UEFA.

Sementara itu, ada tiga tim yang harus turun kasta ke Liga Championship karena finis di peringkat tiga terbawah. Ketiga tim tersebut antara lain Leicester City (34 poin), Leeds United (31 poin), dan Southampton (25 poin).

Penyerang yang baru saja menjalani musim debutnya di Manchester City, Erling Haaland menjadi pemain terbaik pada musim kali ini. Prestasi itu ia dapatkan setelah berhasil menunjukkan performa maksimalnya selama satu musim lewat gol-gol yang ia ciptakan. Bahkan, dirinya juga berhasil meraih sepatu emas karena menjadi top skor serta meraih penghargaan pemain muda terbaik.

"Saya merasa terhormat telah menjadi pemain pertama yang memenangkan kedua penghargaan di musim yang sama, terima kasih kepada semua orang yang telah memilih saya. Ini adalah musim pertama yang luar biasa di Liga Inggris dan mengangkat Trofi akhir pekan lalu di depan para penggemar kami di Etihad adalah momen yang sangat spesial bagi saya," kata Haaland, dilansir situs resmi Premier League, Sabtu (27/5).

Lalu, siapa saja lima besar pemain dengan gol terbanyak pada Liga Inggris musim 22/23?

5 pencetak gol terbanyak pada Liga Inggris musim 22/23 | GoodStats

Erling Haaland, Manchester City (36)

Erling Haaland bersama trofi Liga Inggris musim 22/23 | John Super/AP Photo

36 gol yang dicetak Haaland musim ini tak hanya membuatnya menjadi pemain dengan gol terbanyak pada musim ini saja, melainkan juga menjadi pemain dengan gol terbanyak sepanjang masa Premier League. Sebab, gol terbanyak di Premier League sepanjang masa sebelumnya dipegang oleh Andrew Cole dan Alan Shearer dengan 34 gol saja.

Bak seorang robot, Haaland juga sempat mencetak hattrick sebanyak empat kali pada musim ini, yakni saat City berjumpa Crystal Palace (27/8/22), Nottingham Forest (31/8/22), Manchester United (2/10/22), dan Wolverhampton Wanderes (22/1/23). Tak hanya berhasil cetak 36 gol, Haaland juga berhasil cetak 8 asis dalam 25 penampilannya.

Harry Kane, Tottenham Hotspur (30)

Harry Kane bersama Tottenham Hotspur | Rui Viera/AP Photo

Penyerang andalan Timnas Inggris saat ini, Harry Kane berhasil mencetak 30 gol dari total 38 pertandingannya bersama Tottenham Hotspur. Dilansir Transfermarkt, Kane hampir bermain penuh sepanjang musim. Ia hanya bermain selama 78 menit di pekan ke-6 kala Tottenham berjumpa Fulham.

Pada ajang FA Cup, Kane hanya berhasil cetak 1 gol saat berjumpa Portsmouth di ronde ketiga, semenara di EFL Cup ia belum bisa mencetak gol karena pada laga perdana Tottenham harus langsung gugur. Pada musim ini, Tottenham finis di peringkat 8 dengan raihan 60 poin.

Ivan Toney, Brentford (20)

Ivan Toney bersama Brentford | Getty Images

Selain berhasil membawa Brentford finis di posisi 9 besar dengan total 15 kemenangan, penyerang berkebangsaan Inggris ini juga berhasil mencetak total 20 gol dan 4 asis dari 33 kali penampilannya. Toney juga sempat mencetak trigol kala Brentford bertemu Leeds United pada 3 September 2022 lalu.

Tak hanya mencetak 20 gol di Liga Inggris, Toney jua berhasil mencetak 1 gol dan 1 asis di EFL Cup. Sayangnya, Brentford harus gugur dari Gillingham FC melalui babakadu penalti dengan skor 6-7.

Mohamed Salah, Liverpool (19)

Mohammed Salah bersama Liverpool | Liverpool FC

Pemain yang pernah menjadi top skor Liga Inggris musim 21/22 bersama Son Heung-Min ini berhasil cetak 19 gol dari total 28 penampilannya bersama Liverpool di musim ini. Tak hanya cetak 19 gol, Salah juga berhasil cetak 12 asis.

Gol terbanyaknya dalam satu laga adalah dua gol, yakni dicetak kala Liverpool berjumpa Spurs, Manchester United, dan Leeds United. Selain itu, Salah juga berhasil cetak 8 gol dari 8 penampilannya di Liga Champions, serta satu gol masing-masing pada ajang FA Cup, EFL Cup, dan Community Shield.

Callum Wilson, Newcastle United (18)

Callum Wilson bersama Newcastle United | Getty Images

Pemain yang lahir di Coventry, Inggris ini berhasil mencetak 18 gol dan 5 asis dalam 31 penampilannya bersama Newcastle United. Meskipun belum pernah mencetak trigol dalam satu laga, Wilson pernah mencetak dua gol kala NU bertemu West Ham, Everton, Southampton, dan Leeds United.

Selain mencetak 18 gol, penyerang berumur 31 tahun ini juga berhasil membawa Newcastle United finis di peringkat empat dengan 19 kemenangan dan koleksi 71 poin. Dengan raihan tersebut, Newcastle berhak lolos ke babak grup Liga Champions Eropa musim 2023/2024.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Jadi Tim dengan Skuad Termuda di Piala Asia U-23 2024

Berdasarkan update daftar pemain Piala Asia U-23 2024 yang dirilis AFC pada Senin (15/4), skuad Indonesia U-23 punya rata-rata usia termuda yakni 21,21 tahun.

Cek Daftar Tim Tersukses di Piala Asia U-23, Ada Calon Lawan Indonesia?

Indonesia yang berstatus debutan tergabung di Grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia, 3 tim langganan di turnamen ini.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X