5 Pemain 'Termahal' di Skuad Argentina, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day

Yang menarik, nilai pasar skuad Timnas Argentina saat ini merupakan sekitar 118 kali dari total nilai skuad timnas Indonesia

5 Pemain 'Termahal' di Skuad Argentina, Calon Lawan Timnas Indonesia di FIFA Match Day Potret skuad Argentina saat pembagian trofi replika Piala Dunia ke para pemainnya |Fabideciria/Shutterstock

PSSI resmi mengumumkan bahwa Argentina akan datang ke Indonesia sebagai salah satu lawan Timnas Indonesia pada periode FIFA Match Day edisi Juni 2023. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat jumpa pers pada Rabu (24/5).

Erick mengungkapkan, laga yang akan dihelat pada 19 Juni mendatang ini akan menjadi pertandingan yang bersejarah bagi Indonesia, karena untuk pertama kalinya timnas menghadapi negara berperingkat 1 FIFA. Senada dengan Ketua PSSI, Pelatih Kepala Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun menyambut baik kedatangan Lionel Messi cs ke Jakarta.

"Saya senang, timnas mendapat dua lawan sepadan dalam FIFA Match Day. Ini penting untuk menguji kekuatan Indonesia. Palestina tim kuat, apalagi Argentina, juara dunia dan banyak pemain bintang di skuad itu,' respons Shin Tae-yong dilansir situs resmi PSSI (25/2).

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan melakukan pemusatan latihan pada Senin (5/6) mendatang untuk mempersiapkan skuad dalam menghadapi dua laga FIFA Match Day. Sebelum melawan La Albiceleste di Stadion Utama Gelora Bung Karno, anak asuh Shin Tae-yong ini akan lebih dulu menghadapi Timnas Palestina pada Rabu (14/6) di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Dalam persiapannya, Shin Tae-yong sudah memanggil sejumlah pemain, baik yang bermain di dalam negeri maupun luar negeri. Terlebih, baru-baru ini ada dua pemain yang baru saja resmi menyandang status sebagai warga negara Indonesia, yakni Rafael Struick dan Ivar Jenner.

Jika dibandingkan secara ranking dan nilai skuad, Argentina memang bak raksasa bagi Indonesia. Pada ranking FIFA, Argentina saat ini menduduki posisi puncak, sementara Indonesia berada pada ranking 149 FIFA.

Begitu pun dengan nilai skuad, dilansir situs Transfermarkt, nilai skuad Timnas Indonesia saat ini berada pada angka sekitar Rp125 miliar. Sementara itu, Argentina sendiri memiliki nilai skuad sebesar 848,5 juta euro atau sekitar 14,75 triliun.

Itu artinya, nilai pasar skuad Timnas Argentina saat ini merupakan sekitar 118 kali dari total nilai skuad timnas Indonesia. Lalu, siapa saja 5 pemain dengan nilai pasar termahal di skuad Timnas Argentina?

5 pemain timnas Argentina dengan nilai pasar tertinggi saat ini | GoodStats

Enzo Fernandez (85 juta Euro)

Potret Enzo Fernandez | Franck Fife/AFP

Salah satu gelandang bertahan andalan Chelsea ini total telah menjalani 12 laga resmi bersama timnas Argentina. Dari 12 laga tersebut, ia berhasil mencetak 2 gol dan melakukan debut pertamanya pada 24 September 2022 lalu kala Agentina bertemu Honduras.

Gol debutnya ia cetak kala Argentina berjumpa dengan Mexico di laga kedua Piala Dunia Qatar 2022, sementara satu gol sisanya ia cetak Maret lalu kala Argentina pesta gol 7-0 ke gawang Curacao (29/3). Saat ini, Enzo jadi salah satu pemain muda yang turut dipercaya pelatih Scalloni karena telah bermain selama 772 menit sepanjang setahun terakhir untuk Timnas Argentina.

Lautaro Martinez (80 juta Euro)

Potret Lautaro Martinez | Celso Pupo/Shutterstock

Penyerang Inter Milan yang telah dipercaya timnas Argentina sejak bergabung dalam tim kelompok umur U-20 pada 2017 lalu ini telah memiliki rekam jejak yang cukup baik di tim nasional senior. Sejak debut pertamanya melawan Spanyol pada 27 Maret 2018 lalu, Lautaro telah mencatat 21 gol dari 48 pertandingannya.

Rincian 21 gol tersebut antara lain 8 gol di laga persahabatan resmi, 7 gol di kualifikasi Piala Dunia, 5 gol di Copa America, dan 1 gol lainnya di Artemio Franchi Trophy. Sayangnya, Lautaro sama sekali belum mencetak gol di Piala Dunia, padahal telah bermain sebanyak 6 laga pada ajang tersebut.

Cristian Romero (60 juta Euro)

Potret Cristian Romero | Getty Images

Bek tengah andalan Tottenham Hotspur ini telah bertanding sebanyak 20 laga dengan timnas Argentina sejak debut pertamanya pada 4 Juni 2021 lalu kala Argentina bertemu dengan Chile di kualifikasi Piala Dunia. Pada Piala Dunia 2022 lalu, dirinya pun tak pernah absen bermain hingga babak final meskipun beberapa kali tak bermain penuh.

Romero pun pernah mencetak satu gol kala Argentina ditahan imbang 2-2 atas Kolombia pada 9 Juni 2021 lalu. Dalam karier juniornya, dirinya juga sempat berseragam Argentina U-20 dan Argentina U-23 pada 2017 dan 2019 lalu.

Lisandro Martinez (50 juta Euro)

Potret Lisandro Martinez | Getty Images

Tercatat, bek andalan Manchester United ini telah mencatat 16 pertandingannya bersama Argentina. Sebelumnya, Lisandro juga pernah 3 kali bermain bersama Argentina U-23 dan 4 kali bermain bersama Argentina U-20.

16 laganya bersama Argentina tersebut jika dirincikan antara lain 6 laga persahabatan melawan Venezuela, Estonia, Honduras, Jamaika, Uni Emirat Arab, dan Panama; 5 laga Piala Dunia 2022, 4 laga kualifikasi Piala Dunia, dan 1 laga Copa America. Total, Lisandro telah mengantongi 1.002 menit bermain bersama La Albiceleste.

Julian Alvarez (50 juta Euro)

Potret Julian Alvarez | Reuters

Tandem Erling Haaland di Manchester City ini telah bermain sebanyak 20 kali bersama Argentina. Dari 20 laga tersebut, dirinya telah mencetak total 7 gol. Yang spesial, 4 gol di antaranya kala Argentina bermain di Piala Dunia 2022.

7 gol yang ia cetak merupakan gol kala Argentina berjumpa Ekuador di kualifikasi Piala Dunia; Jamaika dan Uni Emirat Arab di laga persahabatan; serta Polandia, Australia, dan dua gol ke gawang Kroasia pada Piala Dunia 2022. Total, Alvarez telah bermain sebanyak 971 menit bersama Timnas Argentina.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Pecah Telur! Spanyol Raih Juara Piala Eropa Terbanyak

Spanyol sukses sabet 4 gelar juara Piala Eropa. Sementara itu, Inggris masih nihil gelar.

Jelang Perempat Final, Cek Top Scorer Sementara Euro 2024!

Performa mengejutkan Georgia hingga peluang Jerman kuasai top scorer. Semua terbalut dalam rangkaian 24 tim yang bertanding di 42 pertandingan Euro 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook