5 Bandara Terbaik di Asia Tenggara 2021, 2 dari Indonesia

Skytrax kembali merilis daftar 100 bandara terbaik di dunia pada tahun 2021. Sebanyak 2 bandara dari Indonesia berhasil masuk ke dalam daftar tersebut.

5 Bandara Terbaik di Asia Tenggara 2021, 2 dari Indonesia Pemandangan di bandara | Dabarti CGI/Shutterstock

Perusahaan riset dan konsultan industri transportasi udara asal London, Skytrax telah merilis daftar 100 bandara terbaik di dunia pada tahun 2021. Survei ini dilaksanakan setiap tahun terhadap lebih dari 500 bandara di seluruh dunia.

Hasilnya, Changi Airport asal Singapura masih menjadi bandara terbaik di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2021. Adapun bandara ini berada di posisi ke-3 pada skala global, menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

5 bandara terbaik di Asia Tenggara tahun 2021 | Angelia/GoodStats

Pada tahun 2020, Changi Airport berhasil memuncaki klasemen bandara terbaik di seluruh dunia. Meskipun mengalami penurunan pada tahun 2021, Changi Airport berhasil mempertahankan konsistensi selama 7 tahun berturut-turut sebagai bandara terbaik di Asia Tenggara.

Berikutnya, peringkat ke-2 bandara terbaik di Asia Tenggara diraih oleh Soekarno-Hatta International Airport yang berhasil meraih peringkat global ke-34. Raihan ini naik 1 peringkat dibandingkan tahun 2020 yang berada di posisi ke-35.

Berikutnya, Kuala Lumpur International Airport menempati posisi ke-3 di Asia Tenggara serta peringkat ke-55 global. Sementara itu, Suvarnabhumi Airport yang terletak di Thailand menduduki peringkat ke-4 di Asia Tenggara serta peringkat ke-66 global.

Peringkat ke-5 kembali diraih oleh bandara milik Indonesia, tepatnya I Gusti Ngurah Rai International Airport yang terletak di daerah pusat pariwisata, Bali. Bandara yang berada dekat dengan Pantai Kuta ini berhasil memperoleh peringkat ke-82 global, naik 3 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Raihan yang diperoleh oleh kedua bandara di Indonesia ini melengkapi catatan prestasi positif Indonesia dalam ranah transportasi udara.

Beberapa indikator yang menjadi penilaian bandara terbaik di antaranya ialah transportasi publik, keamanan, pelayanan imigrasi, kedatangan dan keberangkatan penumpang, serta masih banyak lagi.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Bandara Paling Sibuk di Dunia

Bandara tersibuk di dunia jatuh kepada Bandara Internasional Atlanta, dengan total 104 juta penumpang di tahun 2023.

10 Bandara dengan Peringkat Terendah 2023, Ada dari Indonesia!

3 dari 10 bandara dengan peringkat terburuk di dunia ada di Indonesia, masalah utama ada pada faktor ketepatan waktu

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X