10 Provinsi dengan Persentase Pemeluk Islam Terbanyak

Worldpopulationreview.com menyebut Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia.

10 Provinsi dengan Persentase Pemeluk Islam Terbanyak Muslim membaca Al-Qur'an | Positive Moslem Attitude/Unsplash

Agama islam menjadi salah satu agama yang memiliki jumlah pengikut paling tinggi di dunia. Merilis data dari pewresearch.org, jumlah penduduk muslim di dunia pada 2021 mencapai lebih dari dua miliar jiwa. Jumlah ini membuat agama islam menjadi agama dengan pemeluk terbanak di dunia setelah agama Kristen.

Secara global jumlah penduduk muslim di Indonesia menjadi yang terbanyak di dunia. Menurut data worldpopulationreview.com, jumlah penduduk muslim di Indonesia pada 2021 masuk ke peringkat pertama sebanyak 231 juta umat. Jumlah tersebut setara dengan 86,7 persen dari total populasi di Indonesia. Mengalahkan Pakistan (212,3 juta umat), India (200 juta umat), Bangladesh (153,7 juta umat), dan Nigeria (95 - 103 juta umat).

Keadaan ini juga dibuktikan dalam data yang dipaparkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) per 31 Desember 2021 menyatakan agama islam menjadi agama yang paling banyak dianut oleh mayoritas masyarakat dengan jumlah populasi sebesar 237,53 juta jiwa.

Jika dikelompokkan berdasarkan daerah, Aceh menjadi provinsi dengan persentase penduduk muslim terbesar di Indonesia.

Daftar 10 provinsi dengan persentase penduduk muslim terbesar 2021 | GoodStats

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kemendagri mencatat penduduk muslim di Serambi Mekah tersebut menjadi yang pertama memiliki persentase penduduk muslim terbesar dengan jumlah populasi sebanyak 5,27 juta jiwa, atau mencapai 98,57 persen dari total penduduknya yang berjumlah 5,35 juta jiwa.

Peringkat persentase penduduk muslim ke-2 diisi oleh Gorontalo dengan persentase 98,02 persen dari total populasi. Disusul juga oleh Bengkulu (97,68 persen), Sumatra Barat (97,6 persen), dan Jawa Barat (97,31 persen).

Jumlah populasi di Indonesia kini terus meningkat. Data dari Dukcapil Kemendagri menyebut jumlah penduduk muslim bertambah pada akhir tahun 2021. Jumlahnya meningkat menjadi 273,87 juta jiwa pada 31 Desember 2021. Angka tersebut bertambah 1,64 juta jiwa jika dibandingkan dengan 30 Juni 2021 sebanyak 272,23 juta jiwa.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Sungai Terpanjang di Indonesia

Sungai Kapuas di Kalimantan menjadi sungai terpanjang di Indonesia, panjangnya mencapai 1.123 km, setara 68% dari luas provinsi tersebut.

Lebih dari 50% Hutan Indonesia Adalah Hutan Produksi

Sebanyak 68,8 juta hektare hutan Indonesia merupakan hutan produksi, setara dengan 57,1% dari total kawasan hutan Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook