GoodStats
Pencarian
Masuk

10 Museum Nasional dan Internasional Dengan Tiket Masuk Termahal

12 Oktober ditetapkan sebagai hari museum nasional. DestinAsian merilis data tentang 10 musem nasional dan interasional dengan harga tiket masuk termahal.

10 Museum Nasional dan Internasional  Dengan Tiket Masuk Termahal Ilustrasi Museum | Unsplash/SebastianPichler

Tanggal 12 Oktober ditetapkan sebagai hari museum nasional lantaran Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) pertama kali digelar pada 12-14 Oktober 1962 di Yogyakarta dan melahirkan banyak resolusi berarti bagi permuseuman Indonesia.

Saat ini terdapat sekitar 439 museum yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia dengan beragam karakteristik, termasuk perbedaan dari segi harga tiket masuk. 

DestinAsian merilis data perihal daftar museum dengan tiket masuk termahal di Indonesia. Agung rai Museum of Art yang berada di Ubud, Museum Angkut yang berada di Batu, serta Museum Macan, Jakarta menjadi museum dengan tiket termahal di Indonesia dengan harga tiket masuk termahal di angka 100 ribu rupiah.

Museum Pasifika di Nusa Dua menjadi museum dengan tiket masuk termahal nomor dua yang dibanderol dengan harga Rp70 ribu rupiah.  Urutan selanjutnya ditempati oleh OHD Museum Magelang, Museum Ullen Sentalu, Yogyakarta dan Museum Wot batu di Bandung yang memiliki harga tiket masuk yang dibanderol dengan harga Rp50 ribu rupiah.

Bergeser ke museum skala internasional, tercatat ada sebanyak 55 ribu museum yang tersebar di 202 negara di dunia. DestinAsian juga mencatat daftar museum dengan harga tiket masuk termahal di lingkup global.

Museum of the Future di Dubai menjadi museum dengan harga tiket masuk termahal di dunia yang dibanderol di angka $39 atau sekitar 599.196,00 ribu rupiah. Museum dengan tiket termahal nomor dua ditempati oleh Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland, Amerika Serikat dengan harga tiket masuk di angka $35 atau sekitar 537740,00 ribu rupiah.

Selanjutnya Chihuly Garden and Glass Museum di Seattle menjadi museum dengan harga tiket masuk termahal nomor tiga di dunia dengan harga tiket masuk dibanderol dengan $32 atau sekitar 491648,00 ribu rupiah.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Peringati Hari Museum Nasional, Inilah 10 Daftar Museum Tertua di Indonesia
Artikel Selanjutnya Manusia-Manusia Purba yang Ditemukan di Indonesia
Konten Terkait

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook