10 Dompet Digital Paling Populer, Siapa Pemenangnya?

Di antara banyaknya opsi pembayaran digital yang hadir saat ini, startup mana sajakah yang berhasil meraup popularitas tertinggi?.

10 Dompet Digital Paling Populer, Siapa Pemenangnya? Ilustrasi dompet digital | Prostock-studio/Shutterstock

Sebuah survei yang dilakukan oleh DailySocial.id mengungkapkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Indonesia terhadap hadirnya startup digital payment mencapai 69 persen pada kuartal I (Q1) tahun 2022.

Raihan ini tepat satu peringkat di bawah startup kategori marketplace yang memperoleh tingkat popularitas sebesar 78 persen. Sebagian besar masyarakat kini tidak asing lagi dengan istilah financial technology (fintech) dan bahkan telah menjadi pengguna setia dari layanan fintech, salah satunya eWallet atau dompet digital.

10 startup dompet digital atau digital payment yang paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia Q1 tahun 2022 | GoodStats

Berdasarkan data dari DailySocial.id, DANA berhasil memperoleh peringkat pertama startup digital payment yang paling banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia dengan persentase sebesar 99 persen. Artinya, nyaris seluruh responden menyadari keberadaan DANA sebagai salah satu startup bidang digital payment di Indonesia.

DANA resmi diluncurkan pada 5 November 2018 dan merupakan salah satu startup digital payment asal tanah air. DANA dikembangkan oleh PT Espay Debit Indonesia Koe dan memperoleh sokongan finansial dari PT Elang Sejahtera Mandiri, anak usaha PT Elang Mahkota Teknologi (Emtek) sebagai investor utama dengan porsi kepemilikan sebesar 99 persen.

Baru-baru ini DANA juga memperoleh investasi dari PT Dian Swastatika Sentosa yang merupakan anak usaha grup Sinar Mas. Adapun total investasi yang diberikan mencapai 25 juta dolar AS atau setara dengan Rp350 miliar.

Sementara itu, Gopay bersaing di posisi ke-2 dengan raihan persentase sebesar 98 persen dan kembali berselisih tipis, OVO menempati posisi ke-3 dengan persentase sebesar 97 persen. Posisi ke-4 diisi oleh ShopeePay yang diketahui oleh 95 persen responden.

Berikutnya LinkAja menyusul di posisi ke-5 startup digital payment paling banyak diketahui masyarakat Indonesia dengan persentase sebesar 86 persen. Kelima startup ini menorehkan raihan persentase yang mendominasi, namun di posisi ke-6 hingga ke-10 startup digital payment terpopuler masih memiliki persentase di bawah 50 persen.

Adapun posisi ke-6 hingga ke-10 startup digital payment yang paling banyak diketahui masyarakat Indonesia pada Q1 tahun 2022 secara berurutan diraih oleh i.saku (41 persen), Sakuku (38 persen), Paytren (37 persen), Doku (36 persen), dan Uangku (29 persen).

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Sering Liburan? Intip 6 Startup Hotel dan Perjalanan Terpopuler di Indonesia 2022
Artikel Selanjutnya UGM Masih Jadi Universitas Terbaik di Indonesia Versi QS World University Ranking
Konten Terkait