Seberapa Panjang Jalan Raya dan Jalur Kereta di Indonesia?

Kira-kira sepanjang apa jalan raya dan rel kereta yang berada di seluruh Indonesia?

Seberapa Panjang Jalan Raya dan Jalur Kereta di Indonesia? Ilustrasi Rel Kereta | Unsplash/jplenio

Untuk menunjang transportasi tentu ketersediaan jalan raya menjadi aspek penting. Bahkan tak jarang orang-orang yang akan berpergian jauh memilih untuk menggunakan jalan raya dan kendaraan darat sebagai moda transportasinya. Meski begitu, ada juga yang memilih menggunakan kereta api untuk perjalanan darat jarak jauh dengan alasan kenyamanan dan waktu tempuh. Namun, kira-kira sepanjang apa jalan raya dan rel kereta yang berada di seluruh Indonesia?

Jajaran Negara Asia Pasifik dengan Jalan Raya Terpanjang | Goodstats
Jajaran Negara Asia Pasifik dengan Jalan Raya Terpanjang | Goodstats

Menurut data dari Global Fire Power, ternyata jalan raya di Indonesia jika diukur tercatat mencapai angka 496.610 Km. Ternyata, Indonesia juga berada di posisi 5 sebagai negara dengan jalan raya terpanjang jika dibandingkan dalam lingkup Asia Pasifik.

Negara dengan jalan raya terpanjang di Asia Pasifik adalah Cina dengan total panjang jalan raya, 4,96 juta km. Disusul oleh India dan Jepang dengan panjang jalan raya masing-masing di angka 4,69 dan 1,2 juta Km. Sementara itu, Singapura menjadi negara dengan garis pantai terpendek di angka 3500. Disusul di atasnya oleh Bhutan dan Nepal di angka 12.210 dan 27.990 km di tahun 2023.

Jajaran Negara Asia Pasifik dengan Total Rel Kereta Terpanjang | Goodstats
Jajaran Negara Asia Pasifik dengan Total Rel Kereta Terpanjang | Goodstats

Sementara itu rel kereta api di Indonesia tercatat memiliki panjang di angka 8260 Km di tahun 2023. Indonesia juga tercatat menjadi negara dengan panjang rel kereta api terpanjang nomor 6 di Asia Pasifik. Negara Asia Pasifik dengan total panjang rel kereta api dimiliki oleh Cina di angka 131.000 Km di tahun 2023. Di bawahnya ada India dan Australia dengan total panjang rel kereta api di angka 68.530 dan 33.340 Km.

Sementara itu, Nepal menjadi negara dengan panjang rel kereta api terpendek di Asia Pasifik dengan total rel kereta api hanya berada di angka 60 Km. Disusul di atasnya oleh Filipina dan Kamboja dengan total panjang rel kereta api masing-masing di angka 80 dan 640 Km di tahun 2023.

Penulis: Puja Pratama Ridwan
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ini Dia Negara dengan Kualitas Kesehatan Terbaik, Ada Indonesia?

Kembali menimbulkan polemik dengan kebijakan BPJS Kesehatan, peringkat berapa kualitas layanan kesehatan RI?

5 Kasus Korupsi dengan Kerugian Terbesar di Indonesia

Kasus korupsi merupakan hal yang sering terjadi di Indonesia. Dari semua kasus, ternyata ada 5 kasus korupsi yang menyebabkan kerugian negara hingga triliunan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X