Sederet Instansi dengan Jumlah Pelamar CPNS Terbanyak 2023, Kemenkumham Jadi Primadona!

Berdasarkan unggahan Badan Kepegawaian Negara (BKN), total pelamar CPNS Kemenkumham telah mencapai 152.599 orang per 9 Oktober 2023

Sederet Instansi dengan Jumlah Pelamar CPNS Terbanyak 2023, Kemenkumham Jadi Primadona! Potret peserta yang mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) | Juni Kriswanto/AFP

Pendaftaran seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) untuk calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) telah ditutup pada Rabu, 11 Oktober 2023 pada pukul 23.59 WIB.

Sebelumnya, penutupan pendaftaran CPNS dan PPPK dijadwalkan pada Senin, 9 Oktober 2023 lalu. Namun, pendaftaran diperpanjang lantaran tingginya traffic (jumlah pengunjung) pada situs pendaftaran SSCASN merujuk pada Surat Badan Kepegawaian Negara (BKN) Nomor 9386/B-KS.04.01/SD/E/2023 tentang Penyesuaian Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN Tahun Anggaran 2023.

Mengutip BKN melalui akun Instagram resminya @bkngoidofficial, terdapat banyak keluhan terkait kendala teknis akibat membludaknya jumlah pengunjung portal pendaftaran SSCASN 2023. Oleh karena itu, BKN mengimbau agar para pelamar memanfaatkan perpanjangan waktu secara maksimal.

Total pelamar CPNS tercatat sudah mencapai 1.134.112 orang per 9 Oktober 2023 lalu. Rinciannya, sebanyak 628.799 orang telah melakukan submit dokumen administrasi pendaftaran. Dari total pelamar CPNS yang sudah melakukan submit, sebanyak 212.707 orang dinyatakan telah memenuhi syarat (MS), sedangkan 59.689 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Berdasarkan unggahan BKN, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi instansi dengan jumlah pelamar CPNS terbanyak, yakni mencapai 152.599 pelamar. Data tersebut terekam hingga 9 Oktober 2023 pukul 06.00 WIB.

10 instansi dengan jumlah pendaftar terbanyak | Goodstats

“Kemenkumham masih menjadi primadona di antara jajaran instansi lainnya yang paling banyak diminati masyarakat,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Dodot Adikoeswanto ketika memonitoring dan meninjau pelaksanaan verifikasi dokumen unggah seleksi CPNS pada Selasa, (10/10/2023) lalu.

Pada CPNS kali ini, Kemenkumham diketahui membuka formasi dengan kualifikasi pendidikan dari lulusan SMA/sederajat dan S2. Formasi lulusan SMA/sederajat pada Kemenkumham dibutuhkan sebanyak 1.000 orang dengan jabatan sebagai penjaga tahanan. Lalu, lulusan S2 hanya dibutuhkan sebanyak 15 orang dengan jabatan sebagai asisten ahli-dosen.

Adapun Kemenkumham ternyata juga menjadi salah satu instansi dengan tunjangan tertinggi di Indonesia. Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM 5/2015, jabatan paling rendah di Kemenkumham mendapatkan tunjangan sebesar Rp2,21 juta. Sedangkan, tunjangan untuk posisi di kelas tertinggi bisa mencapai Rp27,5 juta.

Menyusul Kemenkumham, Kejaksaan Agung (kejagung) menduduki posisi kedua sebagai instansi dengan pelamar CPNS terbanyak menurut unggahan BKN. Total pendaftar untuk instansi tersebut tercatat mencapai 152.325 orang per 9 Oktober 2023.

Diikuti oleh Setjen Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dengan jumlah pendaftar sebanyak 141.787 pelamar. Selanjutnya, ada Mahkamah Agung dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan jumlah pelamar CPNS masing-masing sebanyak 141.787 orang dan 43.057 orang.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Zona Gempa Pasifik.

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X