Qatar "Back to Back" Juara! Ini Rangkuman Hasil Piala Asia 2023

Qatar berhasil mempertahankan gelar juaranya di Piala Asia 2023. Kali ini, kesuksesan tak hanya mereka catatkan sebagai peserta, tapi juga sebagai tuan rumah.

Qatar "Back to Back" Juara! Ini Rangkuman Hasil Piala Asia 2023 Selebrasi Timnas Qatar usai keluar sebagai juara Piala Asia 2023 | The National/John McAuley

Qatar kembali menegaskan kedudukannya sebagai raja sepak bola Asia, usai menang di laga final Piala Asia 2023 melawan Yordania di Lusail Stadium, Sabtu (10/2).

Timnas Qatar menang dengan skor cukup meyakinkan 3-1. Ketiga gol Qatar dicetak seluruhnya oleh Akram Afif lewat titik putih masing-masing di menit ke-22, 73, dan 90+5. Sementara gol semata wayang Timnas Yordania dicetak oleh Yazan Al-Naimat di menit ke-67.

Dengan hasil ini, Qatar berhasil menyabet trofi Piala Asia untuk yang kedua kalinya secara berturut-turut. Di sisi lain, meski harus puas finis di posisi runner-up, Yordania juga sukses mencatatkan rekor pencapaian terbaik mereka sepanjang kiprahnya di turnamen ini.

Gelar juara Qatar di turnamen ini semakin lengkap dengan sederet penghargaan baik individu maupun tim yang mereka borong.

Sayap lincah mereka, Akram Afif sukses mengawinkan dua penghargaan sekaligus di akhir turnamen ini, yakni gelar top skor dengan 8 golnya, dan pemain terbaik.

Torehan gol Afif mengungguli Aymen Hussein, penyerang Timnas Irak yang mencetak 6 gol. Irak sendiri sudah lebih dulu gugur di babak 16 besar buntut kekalahannya dari Yordania.

Sementara itu di pos bawah mistar, penjaga gawang mereka, Meshaal Barsham juga diganjar dengan penghargaan kiper terbaik berkat penampilan solidnya.

Tak hanya itu, Timnas Qatar juga sukses menyabet penghargaan tim fair play untuk pertama kalinya di turnamen ini.

Capaian yang impresif tampaknya tak hanya dicatatkan Qatar sebagai tim peserta, tapi juga sebagai tuan rumah. Gelaran Piala Asia edisi ke-18 ini berhasil memecahkan sejumlah rekor mulai dari jumlah kehadiran penonton, hingga impresi digital.

Dari 51 pertandingan, total ada lebih dari 1,5 juta penonton yang hadir ke stadion, atau dengan rata-rata sekitar 29,5 ribu kehadiran/pertandingan. Jumlah ini memecahkan rekor sebelumnya sebanyak 1,04 juta kehadiran pada Piala Asia 2004 di Tiongkok.

Selain itu, di saat yang sama, jumlah tayangan digital juga mencapai lebih dari 5,5 miliar, terbanyak sepanjang sejarah turnamen ini, seperti dilaporkan AFC, Minggu (11/2).

Atas kesuksesan ini, Presiden AFC, Sheikh Salman pun mengungkapkan apresiasi tingginya terhadap semua fans dan sukarelawan yang terlibat pada Piala Asia 2023.

“Piala Asia AFC Qatar 2023 telah mengukuhkan posisinya sebagai yang paling menarik dalam sejarah, jadi dari lubuk hati saya yang terdalam, saya ingin menyampaikan penghargaan tulus saya kepada semua penggemar dan sukarelawan yang berdedikasi menampilkan antusiasme dan menghidupkan kompetisi melalui dukungan mereka yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata pria asal Bahrain tersebut, dikutip dari laman resmi AFC, Selasa (13/2).

Edisi Piala Asia selanjutnya akan dihelat di Arab Saudi pada 2027 mendatang. Masih dengan format yang sama, turnamen akan diikuti 24 tim.

Sebanyak 18 tim bisa langsung mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia 2027 lewat jalur ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang tengah berlangsung dan akan berakhir pada Juni 2024.

Penulis: Raka B. Lubis
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Pasca Dibekuk Jepang, Bagaimana Peluang Timnas Indonesia Lolos ke 16 Besar?

Jangan putus asa! masih ada beberapa skenario meloloskan Indonesia ke babak 16 besar.

Simak Data Jelang Indonesia vs Jepang, Laga Penentu Timnas Lolos 16 Besar

Ranking FIFA selalu naik, Indonesia optimis berikan yang terbaik pada pertandingan nanti.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook