Pukul Berapa "Prime Time" Masyarakat Indonesia dalam Berbelanja Online?

Hasilnya, pukul 6 sore hingga 9 malam menjadi "prime time" bagi masyarakat Indonesia dalam berbelanja

Pukul Berapa "Prime Time" Masyarakat Indonesia dalam Berbelanja Online? Ilustrasi aktivitas belanja online | 13_Phunkod/Shutterstock

Fenomena belanja online kini tengah digandrungi oleh masyarakat Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Pandemi covid-19 pada 2020 hingga 2022 pun makin membuat tren belanja tanpa tatap muka ini makin bertambah penggunanya.

Hal ini membuat salah satu lembaga survei produk Jakpat menggarap laporan mengenai tren berbelanja online pada masyarakat Indonesia sepanjang semester akhir 2022. Laporan survei tersebut diberi tajuk "Indonesia E-Commerce Trends 2022" yang dirilis pada Senin (6/3) lalu.

"Pada awal tahun ini, Jakpat kembali menerbitkan salah satu report rutinnya yang bertajuk 'Indonesia E-Commerce Trends’, yang merupakan hasil survei kepada hampir 3.000 responden tentang kebiasaan dan pengalaman mereka berbelanja melalui platform e-commerce selama semester kedua tahun 2022," tulis Jakpat dalam rilis persnya Senin (6/3).

"Yang cukup berbeda pada report kali ini adalah selain membahas bagaimana pengalaman para pengguna berbelanja di platform marketplace besar seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lain-lain, tetapi juga ditambahkan tentang pentrasi TikTok Shop ke dunia e-commerce di Indonesia," lanjut Jakpat

Laporan survei tersebut membahas beberapa tren masyarakat Indonesia terhadap aktivitas belanja online, salah satunya terkait waktu terpopuler masyarakat Indonesia dalam melakukan aktivitas tersebut. Hasilnya, pukul 6 sore hingga 9 malam menjadi "prime time" bagi masyarakat Indonesia dalam berbelanja.

Waktu terpopuler masyarakat Indonesia dalam berbelanja online | GoodStats

Pukul 6 sore sampai 9 malam dipilih oleh lebih dari separuh total responden atau sekitar 54%, pukul 9 malam hingga 12 dini hari berada di posisi kedua dengan persentase sebesar 36%. Di posisi ketiga terdapat pukul 12 siang hingga 3 sore yang dipilih oleh 33% responden.

"'Prime time' dalam berbelanja online adalah ketika matahari sudah terbenam, yakni sekitar pukul 6 hingga 9 malam, di mana lebih dari separuh pembeli mengaku berbelanja online pada waktu tersebut. Namun, karena salah satu keistimewaan belanja online adalah kita dapat berbelanja kapan pun kita mau, pembeli juga sering berbelanja setelah jam tutup toko fisik pada umumnya, pada pukul 9 hingga tengah malam," terang Jakpat dalam laporan surveinya.

Sementara itu, dua waktu yang paling sedikit dipilih masyarakat Indonesia dalam berbelanja online antara lain pada pukul 12 hingga 3 dini hari (12%) dan pukul 3 hingga 6 pagi (6%). Survei ini dilakukan Jakpat sepanjang Agustus hingga Desember 2022 lalu pada sekitar 3.000 responden dengan klaim margin of error di angka 5%.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Deretan Perusahaan E-Commerce Terbesar di Dunia, Pernah Belanja di Sini?

Bisnis e-commerce semakin berkembang pesat di seluruh dunia. Lantas, perusahaan e-commerce mana yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar?

Tren Social Commerce Makin Populer, Masyarakat Kini Hobi Belanja di Media Sosial

Pendapatan dari social commerce akan mencapai 22% dari seluruh transaksi e-commerce pada tahun 2028. Bagaimana tren berbelanja di media sosial bisa populer?

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X