Platform Online Meeting Terpopuler Selama Pandemi Covid-19

Tak terhitung lagi jumlah masyarakat di dunia yang menggunakan platform online meeting akibat pandemi Covid-19. Namun manakah yang terpopuler?.

Platform Online Meeting Terpopuler Selama Pandemi Covid-19 Ilustrasi online meeting | fizkes/Shutterstock

Dalam kurun beberapa minggu setelah pandemi Covid-19 merebak di seluruh dunia, tak terhitung lagi banyaknya orang yang mengunduh aplikasi online meeting atau video conference akibat kebijakan work from home (WFH) agar dapat tetap saling berkomunikasi dan berkoordinasi dengan rekan kerja maupun kerabat lainnya.

Online meeting telah menjadi sebuah kebiasaan baru terlepas dari situasi pandemi atau tidak. Mengutip dari Emailtooltester.com, nilai pasar video conferencing secara global diprediksikan mencapai 10,92 miliar dolar AS pada tahun 2027.

Beberapa platform disinyalir menjadi yang terfavorit berdasarkan luasnya cakupan pangsa pasar di dunia.

Tingkat populartiasĀ platform online meetingĀ pasca pandemi Covid-19 | Siti Hannah/GoodStats

Pada tahun 2020, Skype menjadi platform yang paling banyak dicari masyarakat dunia namun Zoom berhasil merajai tahta platform online meeting terpopuler di dunia pada tahun kedua pandemi yakni 2021 dengan cakupan pangsa pasar sebesar 48,7 persen.

Raihan ini meningkat hampir 2 kali lipat atau tepatnya naik 22,3 persen dibandingkan capaian tahun 2020 yang memiliki persentase sebesar 26,4 persen. Platform Zoom mendominasi pasar di Inggris dan Amerika Serikat, dengan jangkauan pangsa pasar di atas 55 persen.

Sementara itu, pertumbuhan pangsa pasar Google Meet menempati posisi ke-2 tertinggi pada tahun 2021. Adapun persentase pertumbuhan pangsa pasar platform Google Meet bila dibandingkan secara year-on-year (YoY) mencapai 20,2 persen dari 1,6 persen pada tahun 2020 ke angka 21,8 persen tahun 2021.

Microsoft Teams menempati posisi ke-3 platform online meeting dengan pertumbuhan pangsa pasar tertinggi secara YoY yakni sebesar 4,8 persen menjadi 14,5 persen pada tahun 2021.

Di sisi lain, Skype dan Slack justru mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Skype mengalami penurunan sebesar 25,8 persen dari yang sebelumnya menjangkau 32,4 persen pangsa pasar dunia menjadi 6,6 persen pada tahun 2021. Perubahan ini terpantau cukup drastis sebanyak 3 peringkat di bawah Zoom, Google Meet, dan Microsoft Teams.

Sementara itu, Slack mengalami penurunan sebesar 14,1 persen dari 17,7 persen menjadi 3,6 persen pada tahun 2021. Peringkat Slack mengalami pergeseran dari posisi ke-3 pada tahun 2020 menjadi posisi ke-5 pada tahun 2021.

Terakhir Google Hangouts menempati posisi ke-6 platform online meeting terpopuler pada tahun 2020, namun platform ini mengalami penurunan sebesar 5,2 persen pada tahun berikutnya ke angka 1,3 persen dari total pangsa pasar platform online meeting di dunia.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Penyalahgunaan Anggaran Menjadi Modus Korupsi yang Paling Sering Digunakan
Artikel Selanjutnya Angka Konsumsi Rokok di Indonesia Masih Menjadi Sorotan
Konten Terkait