Paru-Paru Dunia Terbesar Ada di 5 Negara Ini

Hutan memiliki peran penting bagi kehidupan manusia. Sebagai penghasil oksigen terbesar, hutan juga berperan penting terhadap kehidupan alam lainnya.

Paru-Paru Dunia Terbesar Ada di 5 Negara Ini Ilustrasi Hutan. Sumber: Vecteezy

Sebagai paru-paru dunia, hutan tentu sangat berperan penting dengan keberadaannya. Sebuah wilayah yang luas dan banyak ditumbuhi oleh berbagai macam jenis tumbuhan ternyata bukan hanya sebagai pemasok oksigen, namun berbagai tumbuhan yang ada tersebut memiliki peran untuk menyuburkan tanah. Proses daun berguguran dan kemudian terurai di tanah, menunjukkan bukti nyata bahwa hutan membuat tanah menjadi subur. Selain itu, hutan juga menjadi hunian bagi berbagai macam satwa. Hutan sebagai sarana tempat tinggal bagi makhluk hidup tentu harus dijaga kelestariannya.

Dalam buku “The State of the Worlds of the World’s Forest: Forest, Biodiversity, dan People” terbitan tahun 2020, tercatat bahwa luas hutan di dunia secara total pada tahun 2020 mencapai 4,06 miliar hektar. Jumlah tersebut dimiliki oleh negara-negara ddengan hutan terluas di dunia. Berikut lima daftarnya.

Urutan Negara dengan Hutan Terluas di Dunia
  1. Rusia (815 juta hektar)

Sumber: Greenpeace

Di posisi pertama ada Rusia yang memiliki luas hutan sebesar 815 juta hektar. Dengan luasnya tersebut, Rusia memegang sekitar 20% dari total luas hutan di dunia. Hutan terbesar yang dimiliki negara ini adalah Hutan Boreal, hutan yang luasnya melebihi Hutan Amazon, yakni seluas 12 juta km2.

  1. Brazil (497 juta hektar)

Sumber: Popular Mechanics

Posisi kedua ditempati oleh Brazil yang hutannya memiliki luas sebesar 497 juta hektar. Luas tersebut sama dengan 12% dari total luas hutan di dunia. Dengan luas hutannya yang besar, Brazil menjadi negara yang paling banyak memiliki keanekaragaman hayati. Jenis hutan di negara ini pun beragam, yaitu hutan musim, hutan gugur, dan hutan sabana.

  1. Kanada (347 juta hektar)

Sumber: Greenpeace Canada

Kanada menempati posisi ketiga sebagai negara dengan hutan terluas di dunia yang menyumbang 9% dari total luas hutan di dunia. Luas hutan Kanada mencapai 347 juta hektar dan 30 juta hektar diantaranya berada di kawasan lindung yang berlandaskan hukum.

  1. Amerika Serikat (310 juta hektar)

Sumber: Treehugger

Dengan luas keseluruhan hutan di negara ini yang mencapai 310 juta hektar, Amerika Serikat menempati posisi keempat sebagai negara dengan hutan terluas di dunia. Hutan terlebat di negara ini adalah Maine, New Hampshire, American Samoa, dan Mariana Islands. Amerika Serikat juga memiliki banyak jenis hutan, yaaitu hutan topis, hutan iklim sedang, dan hutan taiga.

  1. China (220 juta hektar)

Sumber: CGTN

Posisi kelima ditempati oleh China dengan luas hutannya sebesar 220 juta hektar. Negara ini disebut sebagai negara yang bergantung pada hutan. Hutan di negara ini pun memiliki lebih dari 2.800 spesies tumbuhan.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Negara dengan Konsumsi Susu Sapi Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

India kembali terpilih menjadi negara dengan konsumsi susu sapi terbesar di dunia, total konsumsinya mencapai 87,05 juta metrik ton di tahun 2023.

5 Orang dengan Followers Terbanyak di Dunia

Ada 5 orang yang memiliki followers terbanyak di dunia saat ini, bahkan ada yang mencapai hingga 600 juta pengikut di akun Instagramnya.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook