Negara ASEAN dengan Produksi Padi Terbanyak, Indonesia Juaranya

Sebagai negara agraris, sektor pertanian memegang peranan penting bagi perekonomian nasional. Hal ini ditunjukkan pula dengan banyaknya produksi padi Indonesia.

Negara ASEAN dengan Produksi Padi Terbanyak, Indonesia Juaranya Ladang Padi | zackKOP/Shutterstock

Sebagai negara agraris, sektor pertanian memegang peranan penting bagi perekonomian Indonesia. Tak heran, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya penduduk yang memiliki mata pencaharian di sektor peratanian, salah satunya sebagai petani padi.

Kondisi Indonesia yang strategis secara geografis beriklim tropis dengan curah hujan tinggi menghasilkan lahan yang subur sehingga berbagai komoditas pertanian dapat tumbuh dengan mudah serta cepat.

Hal ini juga kemudian menjadikan Indonesia berhasil meraih peringkat pertama negara anggota Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dengan produksi padi terbanyak berdasarkan data dari ASEAN Statistical Year Book 2021. Adapun total produksi padi Indonesia mencapai 55,53 juta metrik ton pada tahun 2020.

Negara ASEAN dengan produksi padi terbanyak tahun 2020 | GoodStats

Raihan ini naik sebesar 1,6 persen dari tahun sebelumnya yang memproduksi 54,64 juta metrik ton. Indonesia pun berhasil memuncaki klasemen produksi padi terbanyak di ASEAN selama kurun waktu 1 dekade terakhir. Tahun 2017 Indonesia berhasil mencetak rekor produksi padi terbanyak dalam 1 dekade ke belakang dengan total 81,15 juta metrik ton produksi padi.

Di samping itu, secara global Indonesia berhasil meraih posisi ke-4 negara dengan produksi padi terbanyak di dunia pada tahun 2020 menurut data Foodland Agriculture Organization. Indonesia berada 1 peringkat di bawah Bangladesh serta 1 peringkat di atas Vietnam.

Sementara itu, Vietnam menempati posisi ke-2 dengan total produksi padi sebanyak 43,34 juta metrik ton pada tahun 2020. Adapun posisi ke-3 diraih oleh Thailand dengan 29,81 juta metrik ton produksi padi.

Posisi ke-4 dan ke-5 diraih oleh Myanmar dan Filipina dengan total produksi padi sebanyak 25,99 dan 19,54 juta metrik ton sepanjang tahun 2020. Kemudian secara berurutan di posisi ke-6 hingga ke-8 diraih oleh Kamboja (10,93 juta metrik ton), Laos (3,81 juta metrik ton), dan Malaysia (2,29 juta metrik ton).

Lebih rinci dalam laporan tersebut tertera bahwa total produksi padi negara-negara ASEAN pada tahun 2020 menembus angka 191,28 juta metrik ton. Raihan tertinggi produksi padi negara-negara ASEAN dalam 1 dekade ke belakang juga jatuh pada tahun 2017 dengan total produksi padi sebanyak 218,16 juta metrik ton.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya Menilik Kekayaan Laut Indonesia yang Berlimpah, Apa Saja?
Artikel Selanjutnya Deretan Selebriti dengan Bayaran Tertinggi di Instagram 2022
Konten Terkait