Kunjungan Wisatawan ke Pulau Dewata Terus Meningkat Tiap Bulannya

Memiliki sejuta pesona keindahan alam menjadikan Pulau Bali sebagai salah satu tujuan wisata bagi wisatawan nusantara maupun asing

Kunjungan Wisatawan ke Pulau Dewata Terus Meningkat Tiap Bulannya Wisatawan Turis Asing Belajar Kebudayaan Bali. (Sumber: Shutterstock)

Pulau Bali, atau sering disebut sebagai “Pulau Dewata” merupakan salah satu Pulau yang terletak di Indonesia. Pulau Bali selalu menjadi top list wisatawan dari berbagai belahan dunia yang ingin menikmati keindahan alam sekaligus budaya di suatu tempat. Pulau di Indonesia itu memang kaya dengan bentang alam indah seperti gunung dan laut, flora dan fauna hingga budaya dan kearifan lokal yang mempesona.

Dikenal sebagai "Pulau Dewata" karena keberadaan ribuan pura yang tersebar di seluruh pulau. Pura merupakan tempat ibadah bagi umat Hindu Bali dan juga menjadi daya tarik wisata yang menarik bagi pengunjung.

Salah satu daya tarik utama Bali adalah pantainya yang memukau. Mulai dari pantai populer seperti Kuta, Seminyak, dan Nusa Dua yang menawarkan pasir putih yang lembut dan ombak yang bagus untuk berselancar, hingga pantai yang lebih tersembunyi seperti Pantai Padang Padang atau Pantai Bingin yang menawarkan suasana yang lebih tenang dan indah.

Kunjungan Wisatawan ke Pulau Bali

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan kunjungan wisatawan mancanegara atau wisman ke Indonesia melalui Bali terus meningkat. Menurut Menparekraf, data terakhir menunjukkan angket 312 persen kenaikan wisman ke Tanah Air. Total kunjungan wisatawan mancanegara ke Bali sampai dengan bulan Juni 2023 sebanyak 2.390.585 kunjungan di mana turis asal Australia mendominasi.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, ada 439.475 kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali pada Mei 2023. Angka tersebut naik 6,7 persen dari bulan sebelumnya yang hanya 411.510 kunjungan.

Bahkan jika dibanding setahun sebelumnya, jumlah kunjungan wisman ke Bali pada Mei 2023 naik drastis dari Mei 2022 yang hanya ada 115.611 kunjungan. Adapun pada Mei 2021, kunjungan wisman ke Bali hanya 8 orang.

Berdasarkan transportasinya, sebanyak 439.454 wisman (99,99%) berkunjung ke Bali menggunakan transportasi udara, dan 21 wisman (0,004%) menggunakan transportasi laut.

Secara total, jumlah kunjungan wisman yang berkunjung ke Bali selama periode Januari-Mei 2023 mencapai 1.877.215 kunjungan. Jika dibandingkan dengan periode Januari-Mei 2022, jumlah kunjungan wisman tersebut meningkat hingga 888,64 persen.

Ratusan WNA Dideportasi Sejak Awal 2023, Rusia Paling Banyak

Jagat media sosial kembali ramai dengan unggahan aksi tak senonoh yang dilakukan oleh sejumlah turis asing di Bali. Di antaranya yaitu turis asing yang memamerkan kemaluannya di atas sepeda motor hingga bertelanjang di acara pentas seni.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun mengimbau warga untuk tak memviralkan video turis yang nakal di Pulau Dewata itu demi menjaga citra positif industri wisata di Pulau Dewata. Sepanjang Januari-Maret 2023, Ditjen Imigrasi telah mendeportasi 620 WNA nakal dari Indonesia.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali melaporkan ada 178 warga negara asing (WNA) dideportasi pada periode 1 Januari hingga 11 Juli 2023. Paling banyak adalah WNA yang berasal dari Rusia.

Ratusan WNA tersebut diusir ke luar Indonesia karena beberapa pelanggaran keimigrasian seperti menyalahgunakan visa dan izin tinggal, overstay, mengganggu ketertiban masyarakat, berbuat onar, dan tidak mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

Pemerintah Provinsi setempat dalam waktu dekat bakal mengeluarkan aturan untuk menjaga citra positif slogan pariwisata budaya yang diusung Bali. Selain itu, tata tertib ini nantinya diharapkan mampu mewujudkan program pariwisata berkualitas dan bermanfaat sesuai dengan Perda Bali Nomor 5 Tahun 2020 dan Pergub Bali Nomor 28 Tahun 2020.

Penulis: Adel Andila Putri
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Kunjungan Wisman 2023 Meningkat, Diprediksi Tembus 11 Juta?

Secara akumuluatif, jumlah kunjungan wisman ke tanah air dari Januari hingga November 2023 sudah mencapai 10,41 juta kunjungan.

Indeks Perjalanan Muslim Global 2023, Indonesia Peringkat Pertama Destinasi Ramah Muslim di Dunia

Perjalanan wisatawan Muslim global terus mengalami pemulihan pasca-pandemi, Indonesia dan Malaysia duduki peringkat pertama sebagai destinasi ramah Muslim.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook