Jelang Indonesia vs Vietnam, Cek Poin FIFA Terkini Indonesia

Jika menang kandang dan tandang, Indonesia dapat bertengger di peringkat empat Asia Tenggara. 26 pemain diturunkan, dua sedang proses naturalisasi.

Jelang Indonesia vs Vietnam, Cek Poin FIFA Terkini Indonesia Squad Timnas Indonesia saat menjalani latihan, Senin (18/3/2024) | Foto: PSSI

Tim Nasional Sepak Bola Indonesia akan melanjutkan laga dalam rangka Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Kali ini, Timnas Indonesia akan bertanding melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada 21 Maret 2024, pukul 20.30 WIB.

Pertandingan ini menjadi laga yang penting karena Indonesia baru menciptakan 1 poin sementara di Grup F. Indonesia hanya pernah menghasilkan skor seri 1-1 pada laga melawan Filipina (21/11/2023), dan kalah telak 5-1 pada laga melawan Irak (16/11/2023).

Secara head to head, dala 5 pertandingan terakhir Indonesia hanya memenangkan satu kali pertandingan melawan Vietnam, yaitu pada AFC Asian Cup 2023 dengan skor 1-0. Selebihnya, Indonesia tercatat satu kali seri dan 4 kali kalah, dengan kekalahan terbesar sebanyak 4-0, tahun lalu (7/6/2021).

Skenario Indonesia menuju peringkat empat Asia Tenggara

Poin FIFA sementara negara-negara Asia Tenggara, 15 Februari 2024 | GoodStats

Dalam rilis terbaru FIFA, Indonesia berada di peringkat kelima Asia Tenggara dengan poin akumulatif 1072,66. Hal ini membuat Squad Garuda Nusantara berada di posisi ke-27 Asia dan peringkat ke-142 dunia. Poin FIFA Indonesia terbilang selalu naik dari tahun ke tahun, terutama sejak era kepelatihan Shin Tae-Yong.

Indonesia memiliki poin tipis dengan peringkat keempat Asia Tenggara yaitu Filipina yang memiliki poin sebanyak 1086,17. Di pucuk urutan, jawara Asia Tenggara masih diisi Thailand yang memiliki 1206,72 poin, disusul Vietnam dengan 1194,58 poin. Posisi ketiga diisi oleh Malaysia dengan poin sebanyak 1110,17.

Mengutip pemberitaan yang dimuat Okezone, pertandingan Indonesia melawan Vietnam akan berdampak pada perankingan FIFA. Apabila Indonesia mampu mencetak kemenangan sebanyak satu kali, maka poin FIFA Indonesia akan bertambah sebanyak 15,37 poin.

Hasil yang lebih maksimal akan didapat lagi apabila Indonesia mampu memenangkan pula pertandingan tandang melawan Vietnam. Apabila hal tersebut terjadi, maka timnas akan peroleh 30,74 poin. Hal ini akan membuat perolehan poin Timnas Indonesia akan menjadi 1103,40 poin, dan akan melampaui poin Filipina.

Terdapat 26 pemain Indonesia yang diturunkan

Terdapat sebanyak 26 pemain timnas Indonesia yang dipilih langsung oleh Shin Tae-Yong. Terdapat pula nama pemain yang sedang proses naturalisasi seperti Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Pemain Elkan Baggott disayangkan telah dicoret oleh Shin Tae-Yong karena alasan cedera.

Daftar pemain Indonesia pada laga Indonesia versus Vietnam:

  1. Adi Satryo
  2. Arkhan Fikri
  3. Asnawi Mangkualam
  4. Dimas Drajad
  5. Edo Febriansah
  6. Egy Maulana
  7. Hokky Caraka
  8. Ivar Jenner
  9. Jay Idzes
  10. Justin Hubner
  11. Marc Klok
  12. Marselino Ferdinan
  13. Muhamad Riyandi
  14. Nadeo Argawinata
  15. Nathan Tjoe-A-On
  16. Pratama Arhan
  17. Rafael Struick
  18. Ragnar Oratmangoen
  19. Ramadhan Sananta
  20. Ricky Kambuaya
  21. Rizky Ridho
  22. Sandy Walsh
  23. Thom Haye
  24. Wahyu Prasetyo
  25. Witan Sulaeman
  26. Yakob Sayuri

Shin Tae-Yong mengatakan bahwa persiapan Timnas Indonesia berjalan dengan baik. Beberapa hal yang dilakukan oleh dia adalah mempersiapkan pengaturan gizi melalui asupan makanan para pemain. Hal ini dianggap penting mengingat pertandingan ini dilangsungkan di momen bulan puasa.

"Pemain lokal pun sama, di akhir pekan ini mereka bertanding. Jadi, kami fokus ke pemulihan untuk hari ini. Saya akan fokus taktik mulai besok dan lusa," Kata Shin Tae-Yong dalam Kompas.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Berapa Gaji Wasit di 5 Liga Top Eropa?

Mengutip The Athletic, gaji wasit di 5 liga top Eropa berada di kisaran US$65.780 hingga US$186.087 atau sekitar Rp1,07 miliar hingga Rp3 miliar per musimnya.

Akhirnya! Ranking FIFA Indonesia Nomor Tiga ASEAN

Indonesia sukses akhiri rekor 20 tahun tak pernah menang di kandang Vietnam. Indonesia sukses melesat lampaui ranking Malaysia dan Filipina.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X