Daftar Gaji Rata-Rata Penduduk Negara-Negara Asia Tenggara 2022

Gaji atau upah tinggi merupakan impian bagi kebanyakan orang. Lalu negara mana yang mendapat gaji bulanan tertinggi di Asia Tenggara?

Daftar Gaji Rata-Rata Penduduk Negara-Negara Asia Tenggara 2022 Ilustrasi pekerja menerima gaji I Quality Stock Arts/Shutterstock

Gaji atau upah tinggi merupakan impian bagi kebanyakan orang. Beberapa negara yang menawarkan gaji tinggi juga dapat menjadi referensi dalam bekerja.

Menurut data Wage Centre dari deretan negara di Asia Tenggara, Singapura menjadi salah satu negara dengan gaji rata-rata tertinggi pada 2022. Jumlahnya bisa mencapai 4.480 dolar AS atau sekitar Rp70 juta setiap bulannya.

Berikut adalah 11 negara dengan besaran gaji rata-rata penduduk tertinggi di Asia Tenggara.

Gaji rata-rata penduduk Asia Tenggara 2022 I GoodStats

1. Singapura

Patung Merlion, Singapura I Richie Chan/Shutterstock 

Dari keseluruhan negara ASEAN, Singapura termasuk negara dengan gaji tertinggi, yakni mencapai 4.585 dolar AS atau sekitar Rp 68.3 juta per bulan pada 2022. Walaupun dikenal sebagai negara kecil dengan jumlah penduduk hanya 5,9 juta jiwa dan luas wilayah 721,5 km², tetapi Singapura bisa membuktikan statusnya sebagai negara maju.

Diketahui angka harapan hidup para penduduk di Singapura cenderung tinggi, yakni mencapai 84 tahun. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa tingkat pengangguran di Singapura mencapai 2.4 persen pada 2022.

2. Brunei Darussalam

Masjid Omar Ali Saifuddin I Leonid Andronov/Shutterstock 

Negara yang dijuluki sebagai The Land of Unexpected Treasures atau negara dengan kekayaan tak terduga ini sebanding dengan hasil survei Wage Centre. Brunei Darussalam menempati peringkat 2 negara dengan besaran gaji bulanan tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar 3.550 dolar AS atau sekitar Rp 53 juta pada tahun 2022.

Penduduk Brunei juga terlihat sangat sedikit dibandingkan Singapura, yang hanya sebesar 444.5 ribu jiwa dan luas wilayah yang lebih kecil, yakni 5,765 km².

3. Malaysia

Suasana kota Kuala Lumpur, Malaysia I Patrick Foto/Shutterstock 

Lalu selanjutnya, negara yang bersebelahan dengan Pulau Kalimantan ini masuk dalam peringkat 3 dengan besaran gaji tertinggi di ASEAN pada 2022, yakni mencapai 600 dolar AS atau sekitar Rp 9 juta setiap bulannya.

Malaysia juga mencatat kategori luas wilayah dan penduduk yang lebih kecil dibandingkan dengan Singapura, yakni sebesar 330,903 km² dan 33.1 juta jiwa penduduk pada 2022.

4. Indonesia

Monumen Nasional, Jakarta, Indonesia I Abel Brata Susilo/Shutterstock

Wage Centre menyebut, Indonesia masuk pada peringkat 4 sebagai negara dengan jumlah rata-rata gaji penduduk tertinggi pada 2022, yakni sebesar 560-630 dolar AS atau sekitar Rp 8.3 juta - Rp 9.4 juta setiap bulannya. Walaupun masuk peringkat tertinggi, tingkat pengangguran di Indonesia juga cenderung tinggi, yakni hingga 6.5 persen.

Dari peringkat 10 besar di Asia Tenggara, Indonesia memiliki luas wilayah terbesar mencapai 1,905,000 km², dengan jumlah populasi mencapai 278.4 juta jiwa. Kualitas kesehatan yang cukup memadai memperlihatkan angka harapan hidup para penduduk cukup baik hingga 72 tahun.

5. Filipina

Kota Roxas, Filipina I Aleksandar Todorovic/Shutterstock

Negara yang terletak diantara Indonesia dan Taiwan ini menempati peringkat 5 besar sebagai negara dengan gaji penduduk tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar 485-585 dolar AS atau sekitar Rp 7.2 juta - Rp 8.7 juta.

Meski demikian, tingkat pengangguran di Filipina masih tergolong tinggi, yakni mencapai 6.6 persen. Diketahui jumlah populasi di Filipina mencapai 112. 1 juta jiwa dengan jumlah luas wilayah 300,000 km². Angka harapan hidup di Filipina bisa mencapai 71 tahun.

6. Thailand

Candi Wat Arun, Thailand I Waris94/Shutterstock

Dengan jumlah populasi sebanyak 70.1 juta jiwa dan luas wilayah 513,120 km² negara Gajah Putih, Thailand masuk peringkat 6 dengan besaran gaji penduduk tertinggi di Asia Tenggara pada 2022. Jumlah gaji setiap bulan para penduduk di sana mencapai 435 dolar AS atau sekitar Rp 6.5 juta.

Kualitas kesehatan di Thailand cenderung baik, angka harapan hidup para penduduk bisa mencapai 77 tahun. Namun, perlu diperhatikan, tingkat pengangguran di sana mencapai 2.3 persen.

7. Vietnam

Pemandangan kota Ho Chi Minh, Vietnam I TBone Lee/Shutterstock 

Vietnam diketahui memiliki total populasi sekitar 98.8 juta jiwa. Menurut para ahli Bank Dunia, ekonomi Vietnam akan tumbuh rata-rata 7 persen per tahun di tahun-tahun yang akan datang, pertumbuhan ini dinilai 0,5 persen lebih tinggi dari ekonomi China. Dengan demikian, tingkat pendapatan dan kesejahteraan umum penduduk akan meningkat.

Total pendapatan bulanan rata-rata penduduk Vietnam pada 2022 sebesar 275 dolar AS atau sekitar Rp 4.1 juta, dan angka harapan hidup mencapai 75 tahun. Namun, perlu diperhatikan juga tingkat pengangguran di sana masih cenderung tinggi, yakni sebesar 3.7 persen.

8. Kamboja

Candi Angkor Wat, Kamboja I Sakdawut Tangtongsap/Shutterstock 

Lalu selanjutnya pada peringkat 8 negara dengan gaji bulanan tertinggi di ASEAN diisi oleh Kamboja dengan jumlah upah bulanan sebesar 250-300 dolar AS atau sekitar Rp 3.7 juta pada 2022. Tingkat pengangguran di Kamboja juga tergolong rendah, yakni hanya mencapai 0.3 persen saja dari total populasi sebesar 17.1 juta jiwa.

9. Laos

Pha That Luang,Laos I SmileKorn/Shutterstock

Peringkat 9 diisi oleh Laos dengan jumlah gaji sebesar 195 dolar AS atau sekitar Rp 2.3 juta setiap bulannya. Laos juga mencatatkan tingkat pengangguran yang rendah, yakni hanya sebesar 1 persen dari total populasi 7.5 juta penduduk dan luas wilayah 236,800 km².

10. Timor Leste

Patung Cristo Rei, Timor Leste I JM Travel Photography/Shutterstock

Berada di bagian timur Pulau Timor dan berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste juga tercatat memiliki besaran gaji rata-rata tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar 175 dolar AS atau sekitar Rp 2,6 juta. Meski demikian, tingkat pengangguran Timor Leste masih menunjukkan angka yang cukup besar berada tipis di bawah Indonesia mencapai 5 persen.

Jumlah populasi penduduk Timor Leste lebih sedikit dibandingkan dengan Singapura, yakni sebanyak 1.4 juta jiwa, dengan luas wilayah 15,007 km², Angka Harapan Hidup para penduduk mencapai 69 tahun.

11. Myanmar

Shwedagon Pagoda, Myanmar I ESB Professional/Shutterstock

Terakhir di peringkat 11 diisi oleh Myanmar dengan jumlah besaran gaji bulanan mencapai 155 dolar AS atau sekitar Rp 819.920 setiap bulan. Tingkat pengangguran di Myanmar juga tergolong rendah yakni sebesar 1.8 persen dari total populasi sejumlah 55 juta penduduk.

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Inilah 7 Negara dengan Kualitas Work-Life Balance Terbaik, Ada Tujuanmu?

Selandia Baru hingga Belanda menempati posisi teratas negara dengan kualitas work-life balance terbaik menurut Remote Technology.

Cina Jadi Negara dengan Perluasan Kawasan Reforestasi Hutan Terbesar di Dunia

Cina masuk dalam daftar pertumbuhan kawasan hutan terbesar, Indonesia justru masuk dalam daftar penurunan terbesar di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X