Daftar Gaji Pekerjaan di Bidang IT, Rata-Rata Lebih dari Rp1 Miliar per Tahun

Pekerjaan di bidang senior executive memiliki gaji yang paling tinggi, yaitu mencapai 124.7 USD atau setara dengan 1.96 Miliar Rupiah.

Daftar Gaji Pekerjaan di Bidang IT, Rata-Rata Lebih dari Rp1 Miliar per Tahun Ilustrasi orang yang sedang bekerja | Pixabay

Dalam konteks modernisasi global, Teknologi Informasi telah menjadi pilar utama yang memfasilitasi kemajuan berbagai sektor di seluruh dunia. Peran vital yang dimainkan oleh profesi IT dalam mengaplikasikan inovasi teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari telah memberi dampak yang signifikan.

Seiring dengan peran yang semakin penting, permintaan akan profesional IT yang berkualitas juga meningkat. Sebagai hasilnya, tren gaji dalam industri IT cenderung menunjukan pertumbuhan yang stabil.

Perusahaan – perusahaan bersaing untuk menarik dan mempertahankan bakat terbaik yang mengarah pada peningkatan salary yang ditawarkan. Keterampilan teknis khusus dan beban serta komplesitas kerja seseorang di bidang IT menjadikan pekerjaan di bidang IT memiliki rata-rata gaji yang cukup tinggi.

Stack Overflow, sebuah platform terkenal dalam komunitas profesional IT, telah melakukan survei yang melibatkan sekitar 90.000 responden dari berbagai latar belakang pekerjaan di bidang IT.

Melalui hasil survei yang dijuluki "2023 Developer Survey", Stack Overflow berhasil mengumpulkan informasi yang signifikan tentang besaran gaji dalam industri ini.  Hasil survei tersebut memberikan pandangan yang kuat dan relevan bagi individu, perusahaan, dan industri secara keseluruhan tentang dinamika gaji di bidang IT.

Pekerjaan di bidang senior executive memiliki gaji tertinggi, yaitu 124.7 USD atau setara dengan 1.96 Miliar Rupiah

Menurut laporan yang dipublikasikan oleh Stack Overflow di situs resminya, hasil survei menunjukkan bahwa pekerja di bidang Senior Executive memiliki rata-rata gaji tahunan sebesar 124,7 USD atau setara dengan 1.96 Milliar Rupiah, menjadikannya sebagai salah satu posisi dengan kompensasi tertinggi dalam industri IT.

Sementara itu, posisi Engineering Manager tidak jauh berbeda, dengan rata-rata gaji sebesar 124,1 USD atau setara dengan 1.95 Miliar Rupiah per tahun. Survei tersebut juga mengungkapkan variasi gaji yang signifikan di antara posisi lain dalam industri IT.

Misalnya, pekerja di bidang Marketing atau Sales memiliki gaji rata-rata sebesar 116 USD atau setara dengan 1.82 Miliar Rupiah per tahun, sementara posisi Engineer memiliki rata-rata gaji sebesar 115,6 USD atau setara dengan 1.81 Miliar Rupiah per tahun.

Sedangkan, posisi seperti Developer Experience memiliki gaji rata-rata sebesar 107,1 USD atau setara dengn 1.68 Miliar Rupiah per tahun, diikuti oleh Cloud infrastructure engineer dengan gaji rata-rata sebesar 105 USD atau setara dengan 1.65 Miliar Rupiah per tahun. Terakhir, pekerja di bidang Blockchain juga menunjukkan angka yang cukup mengesankan, dengan rata-rata gaji sebesar 103,7 USD atau setara dengan 1.63 Miliar Rupiah per tahun.

Variasi ini mencerminkan kompleksitas industri IT dan peran yang beragam yang dimainkan oleh para profesionalnya, serta permintaan pasar yang berubah-ubah tergantung pada kebutuhan teknologi yang sedang berkembang.

Penulis: Icen Ectefania Mufrida
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Ribuan Tenaga Honorer Gagal Diangkat Menjadi ASN PPPK Tahun 2024

2,3 juta honorer diproyeksikan akan diangkat menjadi PPPK, namun hanya 1,7 juta orang yang terdata BKN dan formasi untuk PPPK hanya sebanyak 1,01 juta orang.

9,9 Juta Anak Muda di Indonesia Menganggur, Paling Banyak Lulusan SMA

Berdasarkan tingkat pendidikan, anak muda yang tergolong NEET paling banyak merupakan lulusan sekolah menengah atas (SMA) yaitu sebanyak 3,57 juta orang.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X