Dari Samsung hingga Vivo, Ini 5 Merek Smartphone Favorit Masyarakat Indonesia

Smartphone yang terkoneksi di Indonesia mencapai 370,1 juta pada Januari 2022. Angka ini meningkat 3,6 persen atau 13 juta dari periode yang sama tahun 2021.

Dari Samsung hingga Vivo, Ini 5 Merek Smartphone Favorit Masyarakat Indonesia Ragam smartphone | Mr.Mikla/Shutterstock

Perkembangan teknologi kini memudahkan manusia dalam menjalankan kehidupan. Salah satunya lewat hadirnya smartphone hanya dalam genggaman saja dapat membantu aktivitas dan mendapatkan informasi.

Kini beragam jenis dan merek smartphone diciptakan sesuai dengan kebutuhan dan anggaran pribadi. Harga jual smartphone beragam mulai dari sejuta hingga puluhan juta tergantung fitur yang tersedia. Secara pendapatan grosir smartphone global tahun 2022 diperkirakan tumbuh 2 persen dari tahun ke tahun, yang akan terus naik hingga tahun 2027.

Hal itu sebanding dengan pertumbuhan pengguna smartphone di dunia yang dilansir dari Stock Apps mencapai 5,3 miliar pada Juli tahun 2021. Jumlah tersebut menggambarkan lebih dari separuh total populasi penduduk bumi sekitar 7,9 miliar dengan persentase 67 persen.

Sementara di Indonesia, berdasarkan riset dari DataReportal mencatat bahwa perangkat seluler yang terkoneksi di Indonesia mencapai 370,1 juta pada Januari 2022. Angka ini meningkat 3,6 persen atau 13 juta dari periode yang sama di tahun sebelumnya.

Adapun merek smartphone yang paling disukai masyarakat Indonesia tergambar dalam survei Top Brand Award tahun 2022. Hasil survei ini digunakan untuk menentukan performa serta penetrasi merek di pasar Indonesia.

Berikut merek smartphone favorit masyarakat Indonesia pada tahun 2022.

Daftar merek smartphone favorit masyarakat Indonesia berdasarkan Top Brand Award Indonesia 2022 | GoodStats

1. Samsung

Samsung menempati urutan pertama merek smartphone favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 dengan top brand index (TBI) sebesar 33 persen.

Merek smartphone Samsung berhasil merajai pasar penjualan smartphone di Indonesia. Hal itu dapat dilihat salah satunya di tahun 2018 market share merek Samsung sebesar 29,34 persen. Meskipun di tahun 2019 mengalami penurunan sebesar 25,75 persen.

Secara global, smartphone merek Samsung meraih posisi pertama sebagai vendor terbesar. Pada tahun 2021, smartphone merek Samsung mengirimkan sebanyak 272 juta smartphone dan setara dengan 20 persen pangsa pasar secara global.

Hingga kini, perusahaan Samsung yang didirikan oleh Lee Byung Chull pada tahun 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan tersebut terus berkembang. Dilihat dari Samsung makin beroperasi di 58 negara dan memiliki sekitar 208.000 pekerja.

Adapun tipe smartphone merek Samsung yang tergolong best seller ialah Samsung Galaxy S10, Samsung Galaxy Note 9, Samsung Galaxy A9 dan lain sebagainya.

2. Oppo

Oppo menempati urutan kedua merek smartphone favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 dengan top brand index (TBI) sebesar 33 persen.

Merek Oppo yang diluncurkan tahun 2004 di China kian berkembang, terutama di negara asalnya sendiri berhasil menjual di lebih dari 200.000 outlet ritel.

Sementara di Indonesia, berdasarkan laporan dari International Data Corporation (IDC) bahwa merek smartphone Oppo sepanjang tahun telah mengirimkan sebanyak 8,5 juta unit smartphone ke Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 20,8 persen. Pengiriman tersebut mengalami kenaikan sebesar 3,5 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dimana smartphone Oppo mengirimkan 8,2 juta unit dengan persentase 22,3 persen.

Oppo berhasil memimpin segmen smartphone low-end dengan harga 100 dolar AS hingga 200 dolar AS atau sekitar Rp1,4 juta hingga dibawah Rp2,8 juta. Namun, merek Oppo memiliki pangsa lebih rendah dari vendor lain untuk kategori smartphone 5G.

3. iPhone

iPhone menempati urutan ketiga merek smartphone favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 dengan top brand index (TBI) sebesar 12 persen.

Di Indonesia pengguna iPhone sebesar 7,88 persen. Sementara secara global, pangsa pasar iPhone terus meningat. Hal itu dapat dilihat dari tahun 2017 sebesar 19,4 persen menjadi 25,4 persen pada Januari 2022.

Dimana sebanding dengan penjualan iPhone seperti yang dilansir dari Business of Apps bahwa penjualan iPhone mencapai 242 juta unit pada tahun 2021. Capaian tersebut meningkat 22,9 persen dibandingkan tahun 2020 yang berjumlah 196,9 juta unit.

Adapun seri iPhone yang tergolong laris terjual ialah iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS MAX, dan iPhone 8 Plus.

4. Xiaomi

Xiaomi menempati urutan keempat merek smartphone favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 dengan top brand index (TBI) sebesar 11,2 persen.

Berdasarkan laporan dari Statista menunjukkan pangsa pasar merek smartphone Xiaomi di Indonesia mencapai 19,83 persen. Xiaomi memiliki market share 28 persen dan pertumbuhan tercepat mencapai 112 persen year on year (yoy) di tahun 2021.

Secara global, merek smartphone Xiaomi telah digunakan lebih dari 500 juta pengguna aktif tahun 2021. Pertumbuhan tersebut terjadi terutama berasal dari negara-negara di Amerika Latin, Eropa Barat, dan Timur Tengah. Sehingga, secara keseluruhan merek smartphone Xiaomi mendapatkan laba bersih sebesar 5,1 miliar yuan atau setara Rp32,2 triliun.

Adapun tipe smartphone merek Xiaomi yang best seller ialah Xiaomi Mi 9, Xiaomi Mi 8 Pro, Xiaomi Mi Mix 3 dan Xiaomi Mi 8.

5. Vivo

Vivo menempati urutan kelima merek smartphone favorit masyarakat Indonesia tahun 2022 dengan top brand index (TBI) sebesar 9,7 persen.

Di Indonesia pembelian smartphone merek Vivo sebesar 14,29 persen. Selain itu, laporan dari riset pasar Canalys mencatat smartphone merek Vivo menguasai 23 persen pangsa pasar smartphone di Indonesia.

Penulis: Naomi Adisty
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Indonesia Siap Bersaing di Pasar Produksi Baterai Kendaraan Listrik Global

Pabrik baterai kendaraan listrik milik Hyundai-LG Indonesia (HLI) Green Power akan mulai beroperasi di Indonesia. Siapa saja rival produksi mereka?

Bukan Apple, Kini Samsung Merajai Penjualan Ponsel Pintar Global Kuartal I 2024

Pasar ponsel pintar terus berkembang dengan persaingan yang semakin ketat di antara berbagai merek terkemuka.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X