Angka Potensi Pergerakan Masyarakat Masa Lebaran 2023 Tinggi, Kemenhub Siapkan Program Mudik Gratis

Menhub menyebut, Kemenhub telah menyiapkan program mudik gratis untuk mengakomodasi puluhan ribu masyarakat dalam menjalani kegiatan mudik tahun ini

Angka Potensi Pergerakan Masyarakat Masa Lebaran 2023 Tinggi, Kemenhub Siapkan Program Mudik Gratis Ilustrasi keluarga mudik menggunakan moda bus | Odua Images/Shutterstock

Beberapa waktu lalu, Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengumumkan hasil survei potensi pergerakan masyarakat selama masa Lebaran 2023 (Idulfitri 144H) pada Senin (6/3). Hasilnya, akan ada sekitar 123,8 juta orang yang akan bergerak melakukan mudik Lebaran atau naik sekitar 14,2% dibanding angka prediksi tahun sebelumnya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan menyiapkan ragam strategi agar penyelenggaraan mudik 2023 dapat berjalan dengan selamat, aman, dan terkendali. Beberapa contoh konkretnya adalah dengan melakukan penyiapan sarana-prasarana transportasi, manajemen rekayasa lalu lintas, hingga ragam kebijakan lain.

Selain itu, Menhub juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan perjalanan mudik jarak jauh menggunakan sepeda motor karena cukup berisiko tinggi. Menhub menyebut, Kemenhub telah menyiapkan program mudik gratis untuk mengakomodasi puluhan ribu masyarakat dalam menjalani kegiatan mudik tahun ini.

“Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk mudik jarak jauh karena potensi untuk terjadi kecelakaannya sangat tinggi. Masyarakat dapat memanfaatkan program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga motornya bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," kata Menhub Budi dilansir situs resmi Kemenhub Senin (13/3).

Lebih lanjut, Menhub menjelaskan bahwa program ini memiliki tujuan utama untuk mengurangi jumlah pemudik menggunakan sepeda motor yang masih terhitung tinggi. Kemenhub memprediksi, jumlah pemudik sepeda motor di tahun ini berada pada angka 25,13 juta orang atau sekitar 20,3% dari total prediksi pemudik secara keseluruhan.

Pada tahun ini, Kemenhub menyiapkan program mudik gratis pada jalur darat, laut, dan kereta api. Tak hanya mengangkut penumpang, program mudik gratis ini juga akan mengangkut ribuan unit sepeda motor di tiap modanya.

Rincian program mudik gratis Kemenhub RI 2023 | GoodStats

Pada jalur rel, Kemenhub menyediakan kapasitas hingga 46 ribu penumpang dan 10 ribu unit sepeda motor yang akan diangkut menggunakan kereta api. Untuk jalur darat, Kemenhub menyediakan kapasitas hingga 24 ribu penumpang dan 900 unit sepeda motor yang akan diangkut menggunakan bus.

Untuk jalur laut, Kemenhub menyediakan kapasitas hingga 5 ribu penumpang dan 2.500 sepeda motor yang akan diangkut menggunakan kapal laut. Pendaftaran program ini sudah mulai dibuka pada Maret hingga Mei mendatang atau bisa diperpanjang bila kuota masih tersedia.

Masyarakat dapat melakukan pendaftaran melalui situs mudikgratis.dephub.go.id, aplikasi Mitra Darat yang dapat diunduh melalui ponsel pintar, atau mendatangi Kantor Pusat Kemenhub Jakarta dan beberapa titik simpul transportasi lainnya.

Menhub berharap program mudik gratis seperti ini dapat diadaptasi dan dilaksanakan oleh ragam pihak, baik dari Kementerian, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan swasta, hingga pihak lain agar dapat mengakomodasi pemudik sepeda motor lainnya.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Nilai Konservasi Laut Indonesia, Siapa yang Paling Unggul?

Kelestarian dan pesona pariwisata alam Indonesia perlu berjalan beriringan untuk keberlanjutan.

Angka Kasus Kecelakaan Selama Mudik Lebaran Tahun Ini Turun 8% dari 2023

Korlantas Polri melaporkan, jumlah kasus kecelakaan selama mudik Lebaran 2024 sebanyak 3.286 kasus atau turun dari tahun sebelumnya yang mencapai 3.561 kasus.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X