Anggaran Bansos Nyaris Sentuh Rp500 T, Ini Program Prioritasnya

Berdasarkan keterangan dari Kemenkeu, program prioritas bansos 2024 di antaranya adalah BLT, PKH, dan bansos pangan.

Anggaran Bansos Nyaris Sentuh Rp500 T, Ini Program Prioritasnya Dokumentasi KPM bansos | Kemensos

Anggaran belanja perlindungan sosial (perlinsos) atau bantuan sosial (bansos) tengah ramai dibicarakan akhir-akhir ini lantaran jumlahnya berpotensi membengkak hingga nyaris sentuh Rp 500T.

Pasalnya, pemerintah mengalokasikan anggaran bansos yang mencakup Bantuan Langsung Tunai (BLT), bansos pangan, Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), senilai Rp 496,8 triliun pada APBN 2024.

Total realisasi anggaran belanja bansos 2019-2024 | Goodstats

Data dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memaparkan bahwa anggaran belanja bansos nasional sempat mengalami penaikan masif pada 2020 mencapai 61,5%. Pasalnya, hal ini didorong oleh program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk menangani dampak dari pandemi Covid-19.

Kemudian turun pada tahun-tahun setelahnya dan kembali membengkak pada 2024, naik sebesar Rp20,5 T dari tahun sebelumnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan alasan naiknya anggaran belanja bansos 2024 merupakan salah satu bentuk upaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk memenuhi kebutuhan rakyat, terutama kelompok miskin dan rentan.

"(Bansos) mendorong permintaan domestik, antara lain melalui penebalan bantuan sosial bagi kelompok miskin dan rentan dalam bentuk BLT (bantuan langsung tunai) El Nino dan bantuan pangan,” ujarnya dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) di Jakarta, dikutip dari Antara, Rabu (31/1).

Daftar program prioritas bansos 2024 | Goodstats

Adapun program prioritas bansos yang akan dicairkan pemerintah pada tahun 2024 ini antara lain adalah.

Mekanisme penyaluran bansos sendiri akan dilakukan melalui Kementerian Sosial dengan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) serta data tambahan dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang berfokus pada upaya pengentasan kemiskinan ekstrem.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Gempa Terbesar yang Pernah Terjadi di Indonesia

Indonesia sangat rentan terhadap gempa bumi karena letak geografisnya yang berada di Zona Gempa Pasifik.

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X