Akhirnya! Ranking FIFA Indonesia Nomor Tiga ASEAN

Indonesia sukses akhiri rekor 20 tahun tak pernah menang di kandang Vietnam. Indonesia sukses melesat lampaui ranking Malaysia dan Filipina.

Akhirnya! Ranking FIFA Indonesia Nomor Tiga ASEAN Pemain Timnas Indonesia pada pertandingan Vietnam melawan Indonesia, Selasa (26/3) | Foto: PSSI

Pertandingan pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang melibatkan Timnas Indonesia membuahkan hasil yang mengesankan. Pada Kamis (21/03/2024), Indonesia berhasil mengalahkan pertandingan melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta.

Meskipun Vietnam menang secara penguasaan bola yaitu 51% berbanding 49%, Indonesia mampu menang dengan skor 1-0. Pertandingan ini dihadiri oleh 57.696 penonton.

Pada gelaran leg kedua, pertandingan antara Vietnam melawan Indonesia dilakukan di My Dinh National Stadium, dengan wasit Alireza Faghani asal Australia. Pertandingan ini ditonton oleh 27.832 penonton di stadion tersebut.

Dari sisi penguasaan bola, Vietnam jauh lebih unggul yaitu 61%, dibanding Indonesia yang berada di angla 39%. Goal attempt dari sisi Vietnam juga unggul yaitu 11 kali percobaan, dibanding Indonesia yang hanya 7 kali percobaan.

Meskipun begitu, Indonesia sukses mencukur habis Vietnam. Gol pertama dicetak oleh Jay Idzes pada menit ke-9, kemudian dilanjut gol dari Ragnar Oratmangoen pada menit ke-24, serta gol ketiga dicetak oleh Ramadhan Sananta pada menit 90+8. Akhirnya, Indonesia lebih telak memenangkan pertandingan ini dengan skor 0-3.

Sukses lampaui ranking Malaysia dan Filipina

Raihan poin sementara FIFA negara-negara di Asia Tenggara, 27 Maret 2024 | GoodStats

Kemenangan dua kali pada pertandingan resmi FIFA ini tentu manis buat squad Garuda Nusantara. Tim nasional yang dilatih oleh Shin Tae-Yong ini sukses melesat ke posisi ketiga Asia Tenggara dengan jumlah poin mencapai 1.102,7 per 27 Maret 2024. Sebelumnya, poin Indonesia berada di angka 1.072,66 per 15 Februari 2024.

Poin sebanyak itu langsung menggeser posisi Malaysia dan Filipina yang sebelumnya berada di atas Indonesia. Secara peringkat dunia, Indonesia akhirnya naik tajam 8 peringkat menjadi peringkat nomor 134. Di level Benua Asia, Indonesia bertengger di posisi ke-23.

Setelah dikalahkan timnas, Vietnam sendiri langsung terjun turun 10 peringkat menjadi peringkat 115 dunia, dengan perolehan poin sementara 1.164,54. Itu berarti, dibutuhkan sekitar 62 poin tambahan lagi agar Indonesia menyalip posisi Vietnam di kancah Asia Tenggara.

Thailand masih kokoh berada di posisi pertama Asia Tenggara dengan perolehan 1.208,93 poin FIFA.

Skenario Indonesia lolos babak ketiga sekaligus Piala Asia 2026

Poin sementara Grup F Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026 - Babak Kedua, 27 Maret 2024 | GoodStats

Selangkah lagi perjalanan Indonesia untuk melaju ke Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia. Timnas Indonesia hanya cukup mengambil satu hasil pertandingan menang ketika melawan Irak ataupun Filipina, di pertandingan selanjutnya. Dengan satu kemenangan saja, Indonesia mampu mengumpulkan 10 poin dan langsung lolos babak selanjutnya.

Skenario lainnya adalah ketika Indonesia berhasil menahan imbang Irak serta Filipina sekaligus. Hal ini akan membuat Indonesia mampu mengumpulkan 9 poin dan lolos ke babak selanjutnya, apabila Vietnam kalah dari sisi selisih gol di klasemen.

Saat ini, Indonesia berada di posisi kedua klasemen nomor dua di Grup F dengan perolehan poin sebanyak 7. Indonesia berada di bawah Irak yang saat ini memiliki 12 poin, yang telah dipastikan lolos ke babak selanjutnya. Di bawah Indonesia, terdapat Vietnam (3 poin) dan Filipina (1 poin).

Pelatih Vietnam langsung dipecat

Dengan hasil seperti ini, tentunya hal ini menjadi hal yang cukup memalukan bagi pihak Vietnam. menindaklanjuti hal ini, Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) Duong Nghiep Khoi mengatakan kepada publik bahwa VFF telah memecat pelatih Vietnam, Philippe Troussier.

"Kami baru saja melakukan pertemuan dengan pelatih Troussier. Kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kontrak mulai 26 Maret 2024,” kata Duong Nghiep Khoi mengutip Media Indonesia.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-Yong mengatakan bahwa Indonesia sukses mengakhiri rekor 20 tahun tidak pernah menang di kandang Vietnam. Ia menilai bahwa Timnas Indonesia lebih rileks pada pertandingan ini akibat telah menang di pertandingan pertama, yang meningkatkan peluang Indonesia menang.

"Seperti yang saya bilang kemarin, memang catatan (tidak pernah menang) itu untuk dipecahkan dan hari ini bisa diwujudkan," kata Shin Tae-Yong dalam Viva.

Penulis: Pierre Rainer
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Update Ranking FIFA ASEAN, Indonesia Tetap Bertahan, Thailand Tembus 100 Besar

Meskipun lolos ke putaran ketiga, Indonesia tetap di peringkat 134 dengan 1.108,99 poin, sementara Thailand berhasil masuk 100 besar dengan 1.218,56 poin.

Resmi! Indonesia Duduki Peringkat 5 Besar Asia dalam Ranking Futsal Wanita

Indonesia berada di peringkat 5 Asia dan 14 dunia dalam ranking futsal wanita versi FIFA 2024.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook