5 Provinsi dengan Perguruan Tinggi Terbanyak, Jabar dan Jatim Mendominasi

BPS mengatakan ada 3.115 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia pada 2021. Lalu provinsi mana saja yang menjadi favorit para mahasiswa?.

5 Provinsi dengan Perguruan Tinggi Terbanyak, Jabar dan Jatim Mendominasi Ilustrasi Mahasiswa Indonesia I firmannara/Shutterstock

Melanjutkan studi ke perguruan tinggi kerap menjadi pilihan para siswa strata Sekolah Menegah Atas untuk menggapai cita-cita di bangku kuliah. Para calon mahasiswa diharuskan untuk mempersiapkan daftar perguruan tinggi dan kota yang dituju. Beberapa pilihan tersebut dipilih berdasarkan dari lokasi kampus incaran, suasana kota, hingga biaya hidup yang tergolong murah.

Berdasarkan Statistik Indonesia 2022 melalui Badan Pusat Statistik (BPS) mengatakan ada 3.115 perguruan tinggi yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia pada tahun 2021. Laporan tersebut merupakan data perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang berada di bawah Kemeterian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Berdasarkan wilayahnya, Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah dengan kampus terbanyak. Terdapat 392 perguruan tinggi yang terdiri dari 12 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 380 Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

5 provinsi dengan jumlah perguruan tinggi terbanyak di Indonesia 2021 I GoodStats

Dilihat berdasarkan persebaran wilayahnya, mayoritas perguruan tinggi tersebut berdiri di Pulau Jawa, yakni mencapai 1.489 unit. Sementara itu, Sumatera menempati posisi kedua dengan total 787 kampus dan disusul oleh Bali dan Nusat Tenggara.

Tidak hanya masuk dalam kategori provinsi dengan perguruan tinggi terbanyak. Beberapa diantaranya merupakan wilayah paling favorit pilihan mahasiswa untuk berkuliah.

1. Jawa Barat

Logo Institut Pertanian Bogor I Ikhsan Rosyadi/Shutterstock

Menempati posisi pertama dengan provinsi yang memiliki perguruan tinggi terbanyak, Jawa Barat memiliki total 392 perguruan tinggi dengan 12 PTN dan 380 PTS.

Ibu kota provinsi Jawa Barat, Bandung, menjadi salah satu kota yang menjadi favorit para mahasiswa untuk melanjutkan studi. Kota Bandung dipilih karena menawarkan para calon mahasiswa pengalaman baru seperti melihat keindahan kota, keberagaman destinasi belanja fashion, serta mencicip kulinernya yang lezat.

Nama-nama univeritas ternama di Bandung, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Parahyangan (Unpar), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Telkom, Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, hingga Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN Bandung).

Selain itu, Bogor juga menjadi destinasi lain para calon mahasiswa. Keberadaan nama-nama universitas ternama seperti Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi daya tarik bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studi di Kota Hujan ini. Selain IPB, ada juga kampus lain seperti Universitas Pakuan, Universitas Djuanda, hingga Universitas Terbuka Bogor.

2. Jawa Timur

Universitas Airlangga I EftiYunita/Shutterstock

Menempati peringkat 2, Jawa Timur memiliki universitas terbanyak di Indonesia yakni mencapai 338 perguruan tinggi dengan 17 PTN dan 321 PTS.

Surabaya sebagai sentra perekonomian Jawa Timur, menawarkan beberapa kampus ternama yaitu, Universitas Airlangga (UNAIR) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Tidak hanya itu, kota Jawa Timur lainnya seperti Malang juga turut menjadi tujuan favorit para calon mahasiswa memilih tujuan kuliah. Bahkan kini menyandang gelar kota pelajar atau kota pendidikan setelah Yogyakarta. Beberapa kampus terbaik di Malang antara lain Universitas Brawijaya (UB), Universitas Malang (UM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

3. DKI Jakarta

Universitas Indonesia I Dicky Sutjiptohadi/Shutterstock

DKI Jakarta menjadi peringkat 3 besar provinsi yang memiliki perguruan tinggi terbanyak di Indonesia. Jumlahnya mencapai 279 perguruan tinggi, dengan pembagian 4 PTN dan 279 PTS.

Kota Depok dan Jakarta menjadi dua kota tujuan para mahasiswa. Universitas terbaik yang ada di wilayah tersebut diantaranya adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Bina Nusantara (Binus University), Universitas Trisakti, hingga Universitas Mercu Buana Jakarta.

4. Jawa Tengah

Universitas Negeri Semarang I Martanto Setyo Husodo/Shutterstock

Jawa Tengah menempati di peringkat 4 sebagai provinsi dengan perguruan tinggi terbanyak yakni mencapai 256 perguruan tinggi, dengan 9 PTN dan 247 PTS.

Beberapa kota pilihan seperti Purwokerto, Solo, dan Semarang menjadi tiga kota yang paling banyak dicari dalam kolom pencarian Google dalam kategori rekomendasi destinasi kota pilihan kuliah.

Tidak hanya dikenal dengan keindahan alam dan destinasi liburannya, Jawa Tengah dikenal dengan standar dan biaya hidup terjangkau yang cocok bagi para mahasiswa.

Nama-nama universitas ternama di Purwekerto diantaranya yakni Universitas Soedirman (UNSOED), Universitas Wijayakusuma, Universitas Islam Negeri (UIN) Syaifuddin Zuhri.

Sementara itu kota Semarang terdapat Universitas Diponegori (UNDIP), Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS), Universitas Negeri Semarang (UNNES), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA).

Lalu kemudian Solo memiliki beberapa kampus ternama seperti Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Institur Seni Indonesia (ISI) Solo, dan Universitas Surakarta (UNSA).

5. Sumatra Utara

Universitas Sumatera Utara/ Gramedia Blog

Mengisi peringkat 5 besar, Sumatra Utara memiliki total 221 perguruan tinggi dengan pembagian 3 PTN dan 218 PTS. Kota Medan sebagai ibu kota Sumatra Utara yang termasuk dalam kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia juga turut menjadi daftar destinasi pilihan para calon mahasiswa untuk berkuliah.

Tidak hanya menawarkan keindahan alam dan destinasi wisata yang menarik, Sumatra Utara juga memiliki beberapa nama universitas unggulan seperti Universitas Sumatra Utara (USU), Universitas Negeri Medan, Politeknik Negeri Medan, Institut Teknologi Medan dan Universitas Medan Area.

Sementara itu, peringkat 10 besar lainnya diisi oleh Sulawesi Selatan, Banten, dan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jumlah masing-masing 192, 115, dan 109 perguruan tinggi. Disusul Sumatra Selatan (104 perguruan tinggi) dan Sumatra Barat (98 perguruan tinggi).

Sebaliknya, tercatat hanya ada 9 kampus yang berdiri di Kalimantan Utara, yang menjadikan wilayah tersebut menjadi provindi dengan perguruan tinggi paling sedikit.

==

Mari menjadi bagian responden survei GoodStats mengenai "Preferensi Liburan Masyarakat Indonesia" dengan mengisi link survei berikut.

https/LiburanSobatGoodstats

Hadiah saldo eMoney bagi responden terpilih

 

Penulis: Nabilah Nur Alifah
Editor: Iip M Aditiya

Artikel Sebelumnya 14 Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi QS Asia Rankings 2022
Artikel Selanjutnya Bagaimana Tingkat Perlindungan Keamanan Gadget Masyarakat Indonesia?
Konten Terkait