5 Profesi Paling Bisa Dipercaya di Dunia

Ipsos merilis hasil survei tentang kelompok profesi atau orang-orang paling dapat dipercaya di seluruh dunia pada tahun 2021.

5 Profesi Paling Bisa Dipercaya di Dunia Potret profesi dokter | Creativa Images/Shutterstock

Dewasa ini, sumber informasi bisa datang dari berbagai pihak dan profesi. Informasi yang mengandung kebenaran akan bermanfaat bagi masyarakat. Namun, bila informasi yang tersedia di publik mengandung hoaks, hal tersebut dapat merugikan bahkan membahayakan banyak pihak.

Berdasarkan laporan Ipsos dikutip dari Statista, dokter merupakan profesi yang paling dapat dipercaya oleh publik pada tahun 2021. Adapun tingkat kepercayaan yang diraih oleh profesi dokter sebesar 54 persen.

Inggris dan Belanda menjadi negara yang paling percaya terhadap profesi dokter. Adapun tingkat kepercayaan terhadap dokter di kedua negara ini mencapai 63 persen pada tahun 2021.

Ilmuwan menempati posisi ke-2 sebagai profesi yang paling dipercaya publik dengan tingkat kepercayaan sebesar 51 persen. Berikutnya posisi ke-3 diraih oleh profesi guru dengan persentase sebesar 43 persen.

Kelompok non-profesi, orang biasa menempati peringkat ke-4 dengan persentase sebesar 27 persen. Posisi ke-5 diraih oleh kelompok angkatan bersenjata dengan persentase sebesar 22 persen.

Sementara itu, profesi paling tidak dipercaya oleh publik di dunia sepanjang 2021 ialah kelompok politisi pada umumnya. Tingkat kepercayaan terhadap profesi ini mencapai -52 persen pada tahun 2021.

Menelaah informasi secara bijak dan melakukan validasi kebenaran informasi menjadi hal yang sudah seharusnya dilakukan di tengah arus informasi yang kini mengalir dengan deras dari berbagai arah. Tentunya hal ini demi menjamin keamanan serta terhindar dari pengaruh buruk dari mencerna informasi yang salah.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Best Seller Handphone Sepanjang Masa, Nokia Jadul Kalahkan Iphone?

Handphone tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Apa saja model handphone yang capai penjualan tertinggi sepanjang masa?

Daya Saing Digital Indonesia 2023 Naik Peringkat, Kalahkan India

Laporan IMD WDCR menunjukkan, daya saing digital Indonesia terus mengalami pertumbuhan tiap tahunnya. Pada 2023, Indonesia menempati posisi ke-45 di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X