10 Negara Termuda di Dunia, Tetangga Kita Salah Satunya!

Negara tetangga kita, Timor Leste, ternyata adalah salah satu negara termuda yang ada di dunia.

10 Negara Termuda di Dunia, Tetangga Kita Salah Satunya! Ilustrasi│Greg Rosenky/Unsplash

Tercatat ada sekitar 195 negara (Worldometer) di dunia saat ini. Jumlah tersebut termasuk Negara Vatikan dan Palestina yang merupakan bukan anggota PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa).

Dari seluruh 195 negara tersebut, ada negara-negara yang sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu, ada pula negara-negara yang usianya baru beberapa dekade. Penentuan usia ini dihitung berdasarkan kapan negara tersebut didirikan, atau pada saat negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari penguasa atau pun penjajah sebelumnya. 

Dalam daftar 10 negara termuda di dunia ini, beberapa di antaranya mungkin berusia lebih muda dari kamu yang membaca artikel ini. Ada pula satu negara tetangga yang memperoleh kemerdekaan dari Indonesia pada daftar ini. Penasaran? Simak daftar lengkapnya di bawah ini!

10 Negara Termuda di Dunia│GoodStats

10. Kroasia

Kota Tua Dubrovnik di Kroasia│Matthias Mullie/Unsplash

Di posisi kesepuluh ada negara dari Benua Eropa, Kroasia. Negara Balkan ini mendeklarasikan kemerdekaannya setelah memisahkan diri dari Yugoslavia pada 25 Juni 1991. Di tahun 2022, negara yang memiliki nama resmi Republik Kroasia ini baru berumur 31 tahun.

Saat ini, Kroasia diklasifikasikan oleh World Bank sebagai negara high income country (HIC). Selain itu, Kroasia juga memiliki skor Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi dengan skor 0,851 pada tahun 2019.

9. Slovakia 

Kota Bratislava,Ibukota Slovakia│Martin Katler/Unsplash

Slovakia dulunya adalah bagian dari negara Cekoslovakia yang terbentuk setelah Perang Dunia I. Negara Cekoslovakia ini kemudian pecah menjadi dua negara pada tahun 1993, yaitu menjadi Slovakia dan Republik Ceko yang juga ada pada daftar ini.

Negara Cekoslovakia bubar pada 1 Januari 1993, sekaligus menandakan hari kemerdekaan bagi Slovakia. Kini Slovakia dipimpin oleh seorang presiden perempuan, dan mampu menjadi negara maju dengan status high income country dan skor Indeks Pembangunan Manusia yang sangat tinggi dengan skor 0,860 pada 2019.

8. Republik Ceko 

Kota Praha,Ibukota Ceko│Anthony DELANOIX/Unsplash

Sebagai pecahan dari Cekoslovakia yang pecah pada tahun 1993, Republik Ceko juga resmi menjadi negara yang berdaulat pada 1 Januari 1993 sama seperti Slovakia. Pada tahun 2022 inii, umur kedua negara yang pernah menjadi satu negara ini baru berusia 29 tahun.

Pada tahun 2022, Republik Ceko menempati peringkat kedelapan sebagai negara teraman di dunia versi World Population Review. Tak hanya itu, negara ini juga menempati posisi ketiga dalam ranking Global Governance Index tahun 2022.

7. Eritrea 

Bendera Eritrea│Tatohra/Unsplash

Eritrea adalah negara yang berada di Benua Afrika. Sebelumnya, Eritrea adalah bagian dari negara Ethiopia. Sebelum pada akhirnya Eritrea secara de facto merdeka dari Ethiopia pada tahun 1991 setelah memenangkan perang kemerdekaan selama 30 tahun. Secara de jure, Eritrea merdeka pada tahun 1993 setelah diadakan referendum kemerdekaan.

6. Palau

Kepulauan Palau│howamo/Unsplash

Palau adalah negara kepulauan yang berada di Samudera Pasifik. Palau merdeka pada 1 Oktober 1994, setelah sebelumnya menjadi bagian dari negara Amerika Serikat. Palau sendiri memiliki 8 pulau utama, dan lebih dari 250 pulau kecil yang menawarkan keindahan alam khas kepulauan Pasifik.

5. Timor Leste

Bendera Timor Leste│Tatohra/Shutterstock

Timor Leste adalah bekas bagian negara Indonesia yang ada pada daftar ini. Timor Leste resmi berdiri menjadi negara yang berdaulat pada 20 Mei 2002 setelah berpisah dari negara Indonesia. 

Dulunya, Timor Leste adalah negara koloni Portugis, hingga pada akhirnya Portugis melepaskan Timor Leste pada tahun 1975. Sesaat setelah Portugis melepaskan Timor Leste, Indonesia mengakui Timor Leste sebagai bagian dari negara Indonesia. Kemudian Timor Leste melepaskan diri dari Indonesia setelah diadakan referendum pada 30 Agustus 1999.

4. Serbia

Kota Belgrade, Ibukota Serbia│Ljubomir Žarković/Unsplash

Serbia adalah negara yang ada di Benua Eropa, dan sebelumnya merupakan satu negara kesatuan dengan negara Montenegro. Serbia dan Montenegro akhirnya berpisah secara damai pada tahun 2006. Kemudian, Serbia secara resmi berdiri sebagai negara yang berdaulat pada 5 Juni 2006.

3. Montenegro

Kota Bernama Kotor di Montenegro│olga brajnovic/Unsplash

Montenegro memiliki sejarah yang sama seperti Serbia dalam hal mendapatkan kemerdekaannya. Namun, Montenegro mendeklarasikan kemerdekaannya 2 hari lebih awal dari Serbia, tepatnya pada 3 Juni 2006. 

Ada cukup banyak pemain sepakbola asal Montenegro yang bermain di Liga Indonesia. Beberapa diantaranya adalah Srdan Lopicic dan Vladimir Vujovic yang pernah bermain untuk Persib Bandung, dan Ilija Spasojevic yang sekarang menjadi warga negara Indonesia dan bermain untuk Bali United.

2. Kosovo

Landscape Kota Prizren, Kosovo│mesuttoker/Pixabay

Kosovo sebelumnya adalah bagian dari negara Serbia. Kosovo secara secara resmi mendeklarasikan kemerdekaannya pada 17 Februari 2008. Namun, Serbia tidak mengakui Kosovo sebagai negara berdaulat, dan hanya 97 dari 193 negara PBB yang mengakui kemerdekaan Kosovo.

1. Sudan Selatan

Bendera Sudan Selatan│Olleg/Shutterstock

Sudan Selatan merdeka pada 9 Juli 2011, setelah sebelumnya merupakan bagian dari negara Sudan. Negara yang berada di Benua Afrika ini adalah negara paling muda di dunia saat ini, di mana Sudan Selatan bahkan baru genap berusia 10 tahun pada tahun 2021. Meski menjadi negara paling baru di dunia, Sudan Selatan telah menjadi bagian dari anggota PBB sejak 14 Juli 2011.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Barang Koleksi Olahraga Termahal dalam Sejarah, Ada yang Sentuh 200 Milyar!

Dari kartu hingga jersey, apa saja memorabilia olahraga paling mahal sepanjang sejarah?

Indonesia Jadi Negara dengan Bahasa Daerah yang Paling Terancam Punah

Selain Indonesia, beberapa negara yang paling terancam rupanya adalah negara-negara maju.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X