Terungkap, Gen Z Paling Percaya Influencer saat Beli Skin Care!

Sebelum membeli skin care, rupanya Gen Z paling suka mencari informasi pada influencer di media sosial!

Terungkap, Gen Z Paling Percaya Influencer saat Beli Skin Care! Ilustrasi Gen Z saat Memilih Skin Care. Photo by Freepik

Industri kecantikan Indonesia semakin berkembang. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya produk dan merk kecantikan yang bermunculan dari tahun ke tahun. Terlihat juga semakin banyaknya produk kecantikan yang terjual di pasaran.

Salah satu produk kecantikan yang paling diminati adalah skin care. Skin care mempunyai banyak sekali jenis dan segmentasi pelanggan yang beragam. Mulai dari remaja, dewasa hingga perempuan dan bahkan laki-laki.

Jakpat dalam salah satu surveinya mengungkapkan serba-serbi industri kecantikan di tahun 2024. Dalam survei tersebut, terungkap kepercayaan Gen Z sebelum membeli skin care.

Berikut pemeran-pemeran penting yang jadi patokan Gen Z saat membeli skin care.

Data Gen Z dan Skin Care. Photo by Goodstats from Flourish
Data Gen Z dan Skin Care. Photo by Goodstats from Flourish

1. Influencer

Influencer medial sosial rupanya jadi ‘pemain kunci’ yang dipercayai Gen Z saat membeli skin care. Pada survei Jakpat, sebanyak 52% Gen Z setuju akan hal tersebut.

Influencer media sosial dinilai mempunyai daya tarik sendiri terhadap Gen Z. Selain informasi di media sosial mudah diakses, persuasi yang dilakukan oleh influencer media sosial rupanya juga jadi alasan utama mengapa Gen Z paling percaya kepada influencer sebelum membeli skin care.

2. Keluarga

Survei Jakpat membuktikan bahwa terdapat 35% responden Gen Z yang paling mempercayai keluarga saat membeli skin care. Selain keluarga, Gen Z juga percaya pada orang-orang terdekat, termasuk teman.

Banyak faktor yang mempengaruhi Gen Z bisa mempercayai orang terdekat sebelum membeli skin care. Salah satu yang menjadi dugaan kuat adalah karena adanya testimonial secara langsung dari keluarga atau teman, sehingga Gen Z mempercayainya saat membeli skin care.

3. Online Shop

Cara berbelanja lewat online shop yang serba praktis rupanya ikut mempengaruhi persepsi Gen Z ketika membeli skin care.

Tercatat dalam survei Jakpat bahwa ada 27% responden Gen Z yang percaya pada rekomendasi dari online shop saat membeli skin care.

4. Praktisi Kesehatan

Selain dari orang terdekat dan pengaruh media sosial, rupanya Gen Z juga mempercayai informasi dari praktisi kesehatan sebelum membeli skin care.

Fakta tersebut terungkap dalam survei Jakpat, di mana sebanyak 15% responden Gen Z berpendapat bahwa praktisi kesehatan dapat dijadikan acuan sebelum membeli skin care.

Banyaknya variasi dan merk skin care di pasaran terkadang bisa membuat bingung Gen Z. Selain mencari tahu terlebih dahulu tentang informasi yang ada di media sosial, ada baiknya untuk mengecek secara langsung bahan-bahan dan kualitas produk skin care tersebut.

Pastikan juga untuk memastikan bahwa kandungan skin care tersebut cocok untuk digunakan sesuai keadaan masing-masing kulit. Sebab, skin care yang dinilai bagus oleh seseorang belum tentu cocok saat digunakan oleh orang lain.

Penulis: Almas Taqiyya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

6 PLTU Terbesar di Indonesia: Letak dan Kapasitasnya

Indonesia mengandalkan PLTU untuk sebagian besar kebutuhan listriknya. Temukan 6 PLTU terbesar di Indonesia, lengkap dengan lokasi dan kapasitasnya!

Capai 475 Korban, Ini Kabupaten/Kota dengan Kematian Akibat DBD Tertinggi 2024

Jumlah korban kematian akibat DBD melonjak tinggi pada 2024, Kabupaten Bandung tertinggi per minggu ke-15.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X