Ikan-Ikan Terbesar di Dunia, Ada yang Dijumpai di Laut Indonesia

Dilansir dari World Atlas, berikut beberapa spesies ikan terbesar di dunia yang hidup di lautan.

Ikan-Ikan Terbesar di Dunia, Ada yang Dijumpai di Laut Indonesia Ilustrasi Bawah Laut. Sumber: Freepik

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar dari bumi yang kita huni terdiri dari lautan. Kurang lebih sebesar 70% permukaan bumi adalah lautan dan hampir 97% air disimpan di dalam bumi.

Saking besarnya persentase laut di bumi, berdasarkan data tahun 2022 hanya sekitar 20% dasar laut yang sudah dieksplor dan dipetakan. Kehidupan yang ada di dasar laut tentunya sangat mempesona, bahkan tak jarang sarat akan rahasia.

Ada ratusan bahkan ribuan makhluk hidup yang tinggal di laut dengan berbagai keunikannya. Banyak pula makhluk laut yang mengesankan karena ukurannya yang terbilang sangat besar, mulai dari panjangnya yang mencapai puluhan meter hingga beratnya yang bisa mencapai beberapa ton. Dilansir dari World Atlas, berikut beberapa spesies ikan terbesar di dunia yang hidup di lautan.

  1. Hiu Paus

Sumber: Mongabay

Posisi pertama ditempati oleh ikan hiu paus, makhluk vertebrata nonmamalia terbesar yang masih hidup saat ini. Hiu paus adalah ikan terbesar di dunia yang panjangnya bisa mencapai 12,6 meter. Ciri khas dari ikan ini adalah adanya corak totol di tubuhnya. Selain panjangnya yang cukup besar, hiu paus juga memiliki berat yang mencapai 21,5 ton.

  1. Hiu Basking

Sumber: Dictio Community

Dengan beratnya yang mencapai 4,2 ton, hiu basking menempati posisi kedua sebagai ikan terbesar di dunia. Panjang dari hiu baskin ini mencapai 12,2 meter. Hiu basking termasuk ke dalam jenis hiu pemakan plankton. Para ilmuwan berpendapat bahwa hiu basking ini berkemungkinan berumur 50 tahun. Hiu basking ini masih menjadi subjek penelitian bagi para ilmuwan.

  1. Hiu Putih Besar

Sumber: Kompas

Dikenal sebagai hewan yang sering kali menyerang manusia, hiu putih besar ini menempati posisi ketiga sebagai ikan terbesar di dunia. Beratnya mencapai 3,32 ton dan panjangnya bisa mencapai 15 sampai 20 kaki. Karena hiu putih besar ini merupakan hiu pemburu, kecepatan berenang dari ikan ini dapat mencapai 55 kilometer per jam. Selain itu, kemampuannya untuk menjelajah sangatlah tinggi. Hiu ini dapat menjelajah sejauh lebih dari 3.000 kilometer dalam satu bulan.

  1. Hiu Macan

Sumber: National Geographic Indonesia

Posisi keempat ditempatio oleh hiu macan, hiu yang dikenal dengan julukan “Tong Sampah Lautan” karena ikan ini dapat memakan apa saja yang ada di lautan, mulai dari hewan kecil hingga sampah. Hiu macan biasa mendiami perairan yang hangat dan sering ditemukan pula di tempat tropis seperti Indonesia.

  1. Pari Manta Raksasa

Sumber: Agrozine

Pari manta raksasa menempati posisi kelima dengan beratnya mencapai 3 ton. Salah satu ikan terbesar ini masuk kategori sebagai “ikan menuju terancam” karena populasinya yang terus menurun dan berkemungkinan akan terancam punah di masa depan. Pari manta raksasa biasa mendiami perairan laut tropis dan sub tropis dengan plankton sebagai makanan utamanya.

Penulis: Zalfa Ghina Khairunnisa
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Dari Apel hingga Semangka, Inilah 5 Buah Terbesar di Dunia

Beberapa buah terbesar memiliki bobot hingga 159 kilogram, ada pula yang memiliki ketinggian 1,2 meter.

Inilah Buah Termahal di Dunia, Ada yang Ingin Kamu Coba?

Dilansir dari Wealthy Gorilla, berikut daftar buah dengan harga termahal di dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook