Ada Museum Toilet Hingga Museum Rambut, Inilah 7 Museum Teraneh di Dunia

Ada museum toilet hingga museum rambut, berikut museum-museum teraneh dan terabsurd di dunia dari berbagai negara.

Ada Museum Toilet Hingga Museum Rambut, Inilah 7 Museum Teraneh di Dunia Gambar pemandangan Museum Cancun Underwater | Musamexico.org

Museum pada umumnya merupakan tempat di mana pameran artefak seni atau budaya yang kaya akan ilmu dan sejarah ditampilkan. Museum adalah sebuah tempat yang menampilkan ragam koleksi benda bernilai seni atau fosil kuno yang berkaitan dengan sejarah yang bertujuan untuk menambah wawasan atau inspirasi bagi para pengunjung.

Namun, beberapa museum di berbagai belahan dunia ini justru memamerkan barang-barang yang dinilai tak lazim dan absurd. Meski demikian, museum-museum ini masih menawarkan ilmu pengetahuan dan hiburan dari perspektif baru bagi para pengunjungnya yang tertarik untuk berkunjung.

Berikut 7 museum teraneh dan terabsurd di dunia dari berbagai negara:

1. Museum Toilet Internasional Sulabh

Museum Toilet Sulabh, India | Expedia.co.id

Terletak di ibu kota India - New Delhi, Museum Toilet Internasional Sulabh tahun 1992 yang didirikan oleh Sulabh International, sebuah LSM yang bekerja untuk hak asasi manusia, perlindungan lingkungan, pengelolaan sampah dan perubahan sosial melalui pendidikan. Ada alasan kuat yang melatarbelakangi didirikannya museum ini.

Museum ini bermaksud untuk mendesakkan perbaikan kebersihan di negara-negara dunia ketiga untuk memulihkan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Terlebih lagi, mengingat sebanyak 60 persen penduduk India tercatat masih buang air di sembarang tempat, seperti di sungai dan ruang-ruang terbuka.

2. Museum Cancun Underwater

Museum Cancun Underwater, Meksiko | Musamexico.org

Terletak di pantai timur laut Semenanjung Yucatan, Cancun, Meksiko, Cancun Underwater Museum didirikan sebagai tujuan wisata pada awal tahun 1970-an dan merupakan cara yang indah untuk mendapatkan pengalaman melihat pemandangan di bawah air.

Museum ini menampilkan koleksi sekitar 500 patung di tiga galeri berbeda yang terendam air antara 3 dan 6 meter. Patung-patung di museum dibuat dari bahan laut dengan pH netral.

3. Museum Rambut Avanos

Museum Rambut Avanos, Turki | Cappadociahotairballoon.com

Museum Rambut Avanos yang berada di kota Avanos, Turki, merupakan rumah pengarsipan beragam potongan rambut dari berbagai penjuru dunia. Terletak di sebuah gua kecil yang suram membuat museum ini menjadi salah satu museum paling menyeramkan di dunia.

Dibangun oleh pembuat tembikar Chez Galip, museum ini menyimpan sejumlah besar rambut yang dikumpulkan dari sekitar 16.000 wanita. Setiap potongan rambut pun dilengkapi dengan kertas bertuliskan nama, alamat hingga foto pemilik rambut.

4. Museum Instrumen Penyiksaan Abad Pertengahan

Museum Instrumen Penyiksaan Abad Pertengahan, Amsterdam | Tripadvisor.com

Terletak di Damrak, Amsterdam, jalanan yang sangat sibuk di depan Stasiun Pusat, Museum Instrumen Penyiksaan Abad Pertengahan adalah salah satu dari dua museum di Amsterdam yang mengkhususkan diri pada instrumen penyiksaan bersejarah.

Meskipun namanya Museum Instrumen Penyiksaan Abad Pertengahan yang memamerkan pameran di Abad Kegelapan, museum ini menunjukkan semua jenis instrumen penyiksaan yang ditemukan oleh manusia di Eropa hingga abad ke-18 C, dengan model guillotine sebagai artefak utamanya. Patung lilin manusia seukuran aslinya menunjukkan bagaimana alat ini digunakan. Sebagian besar instrumen yang dipamerkan merupakan rekonstruksi modern yang terbuat dari besi dan kayu.

5. Museum Kunstkammer

Museum Kunstkammer, Rusia | saint-petersburg.com

Secara resmi, museum ini dikenal sebagai Museum Antropologi dan Etnografi, merupakan museum pertama di Rusia dan salah satu museum tertua di dunia. Pendiri museum, Peter the Great, mulai mengumpulkan benda-benda aneh seperti boneka binatang, model kapal, peralatan, dan instrumen astronomi. Pada tahun 1718, Tsar memerintahkan pendirian 'kunstkammer' (ruang seni) yang diperkaya koleksinya dengan barang-barang pameran yang dibawa pulang dari setiap perjalanannya ke luar negeri.

Umumnya, museum menghadirkan benda bernilai seni dan fosil kuno yang berkaitan dengan sejarah dan cerita menarik di masa lampau. Inti dari koleksi museum ini terdiri dari pameran yang dikumpulkan selama masa hidup Peter, termasuk spesimen anatomi dan berbagai macam benda aneh yang disiapkan oleh ahli anatomi Belanda Frederick Ruysch.

6. Museum Medis Siriraj

Museum Medis Siriraj, Thailand | Inspiredpencil.com

Dijuluki Museum Kematian, adalah museum medis di Bangkok, Thailand. Museum ini memiliki koleksi, yang didirikan oleh Dr. Edgar Davidson Congdon, lebih dari 2.000 organ yang tersedia untuk pendidikan anatomi. Termasuk menampilkan struktur anatomi seluruh sistem tubuh manusia, mulai dari konsepsi hingga usia reproduksi.

Rumah sakit ini memiliki 6 museum berbeda dalam 2 bangunan terpisah. Termasuk ruang patologi menampilkan bayi yang terkena kelainan genetik, masing-masing diawetkan dalam formaldehida dan Ruang forensik memperlihatkan jenazah korban kecelakaan dan pembunuh (serta jenazah mumi tahun 1950-an).

7. Museum Rakyat: Museum Kecantikan Abadi

Museum Kecantikan Abadi, Malaysia  | Flickr

Museum Rakyat terletak di Malaka, Malaysia, yaitu pusat kota Malaka yang juga merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO.

Museum Rakyat terdiri dari empat koleksi otonom. Namun, yang menjadi daya tarik utama dari museum ini adalah “Museum Kecantikan Abadi” yang memamerkan variasi budaya dan sejarah dalam pemahaman 'keindahan'.

Museum ini didirikan pada tahun 1996 untuk membawa “kesadaran akan sudut pandang berbeda yang dianut oleh budaya berbeda dan periode waktu berbeda mengenai apa yang dimaksud dengan ‘keindahan’”. Konsep cantiknya meliputi tato kulit, tindik, peregangan leher dan bibir, cetakan kepala, dan pengikatan kaki. Sayangnya, obsesi masyarakat Amerika seperti botox, kuku palsu, dan implan payudara tidak berhasil.

Penulis: Anissa Kinaya Maharani
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

7 Tradisi Natal Terunik di Seluruh Dunia, Austria Paling Aneh!

7 negara ini punya tradisi tersendiri dalam merayakan Natal, Austria merayakannya dengan parade kostum Krampus.

Resmi Jadi Bahasa UNESCO, Berapa Jumlah Penutur Bahasa Indonesia di Dunia?

Bahasa Indonesia resmi salah satu bahasa dari 10 bahasa UNESCO, jumlah total penuturnya mencapai 278 juta orang dari berbagai belahan dunia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook