5 Etnis Terbesar di Asia Tenggara, Jawa Mendominasi?

Etnis merupakan sekelompok orang dengan jumlah besar yang menduduki suatu tempat dan memiliki ciri khas mulai dari budaya, sejarah, dan bahasa.

5 Etnis Terbesar di Asia Tenggara, Jawa Mendominasi? Ilustrasi budaya asal Jawa | Dokument by Traveloka

Etnis merupakan sekelompok orang yang memiliki kesamaan budaya, bahasa, dan sejarah khas. Anggota dari suatu etnis biasanya memiliki identitas budaya bersama yang membedakan dari etnis lainnya.

Suatu negara biasanya memiliki rakyat dari berbagai etnis, seperti di Indonesia yang memiliki jumlah populasi terbesar di Asia Tenggara dan memiliki sekitar 300 kelompok etnis.

Tidak hanya Indonesia, negara-negara di kawasan Asia Tenggara juga memiliki masyarakat dengan berbagai etnis seperti Thailand, Vietnam, Myanmar, dan yang lainnnya.

Jika membicarakan etnis maka ada 5 etnis terbesar di kawasan Asia Tenggara.

1. Jawa

Jawa merupakan etnis asal dari negara Indonesia yang menempati Pulau Jawa. Etnis Jawa sendiri memiliki sejarah panjang mulai dari masa kerajaan Hindu-Buddha seperti Majapahit, serta masa penjajahan Belanda dan masa ketika Islam menyebarkan agamanya.

Etnis Jawa juga memiliki bahasa sendiri dan sangat menghormati nilai kesopanan, kehormatan sosial, kekeluargaan dan sikap rendah hati.

Jawa juga kaya akan budayanya seperti upacara adat, wayang kulit, gamelan, tarian tradisional dan kulinernya.

Dengan banyaknya kekayaan tradisioanl yang dimiliki Jawa, ternyata etnis Jawa merupakan etnis terbesar di kawasan Asia Tenggara yaitu sekitar 105 juta orang.

2. Kinh

Kinh merupakan etnis yang berasal dari negara Vietnam. Etnis tersebut merupakan etnis terbesar di Vietnam dan mendominasi populasi negara tersebut.

Etnis Kinh memiliki sejarah yang panjang dalam pembentukannya, mulai dari sekelompok orang yang migrasi ke wilayah yang sekarang negara Vietnam dari wilayah selatan Tiongkok. Mereka telah mengalami beberapa perubahan budaya seperti pengaruh budaya Tiongkok, Hindu-Buddha, dan Islam.

Etnis Kinh merupakan etnis terbesar kedua di Asia Tenggara setelah etnis Jawa yaitu sekitar 89 juta orang.

3. Thai

Etnis Thai merupakan etnis mayoritas negara Thailand yang awalnya dari kerajaan-kerajaan kuno seperti Kerajaan Sukhothai dan Kerajaan Ayutthaya. 

Etnis ini memiliki sejarah yang panjang dengan pengaruh budaya dari berbagai sumber seperti India, Tiongkok, dan negara-negara lain di Asia Tenggara.

Etnis Thai merupakan etnis terbesar ketiga di Asia Tenggara yang mencapai sekitar 59 juta orang.

4. Sunda

Sunda merupakan etnis berasal dari negara Indonesia seperti etnis Jawa. Etnis Sunda mendominasi Pulau Jawa bagian barat khususnya di Jawa Barat dan Banten. Sunda juga memiliki bahasanya sendiri yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sunda juga kaya akan tradisi, musik, dan seni. Tradisi budaya yang cukup terkanal dari Sunda yaitu Jaipongan, tari topeng dan kuliner yang khas akan makanan Sunda seperti nasi timbel, sayur asem, sambal dan masih banyak lagi.

Etnis Sunda menduduki posisi keempat sebagai etnis terbesar di Asia Tenggara yaitu sekitar 42 juta orang.

5. Bamar

Bamar merupakan etnis yang mendominasi negara Myanmar. Bahasa yang digunakan etnis Bamar adalah bahasa Myanmar, yang juga merupakan bahasa resmi negata tersebut. Bahasa tersebut juga memiliki aksara Brahmi yang dikenal sebagai akasara Myanmar.

Budaya Bamar sendiri memiliki asal usul yang panjang dalam sejarah dan tradisi Myanmar. Mereka telah mempertahankan banyak aspek tradisioanl dalam seni, musik, tarian, serta upacara adat. Contoh dari budaya tradisional Bamar seperti pakaian tradisional longyi, festival-festival perayaan agama Buddha yang mayoritasnya beragama Buddha Theravada.

Etnis Barma menempati posisi kelima sebagai etnis terbesar di Asia Tenggara yaitu sekitar 35 juta orang.

Penulis: Randi Nurdian Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

5 Negara dengan Penjualan Tiket Bioskop Termahal

5 Negara ini memiliki penjualan tiket bioskop termahal di dunia, bahkan ada yang mencapai Rp275.053 per tiketnya.

Palestina Bentuk Pemerintahan Baru, Mohammad Mustafa Maju Jadi Pemimpin

Pemerintahan baru di bawah kepemimpinan Mohammad Mustafa menjadikannya pemerintahan ke-19 dalam sejarah Palestina.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X