Setengah Tahun Berjalan, Ini 10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Paruh Tahun 2022

Di tahun ini, KKN di Desa Penari berhasil menggaet total 9.231.578 penonton sekaligus menjadikan film ini sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa.

Setengah Tahun Berjalan, Ini 10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Paruh Tahun 2022 Potret aktivitas bioskop Indonesia saat masa adaptasi kebiasaan baru | Whaiz Al Qadri/Shutterstock

Tahun 2022 merupakan transisi menuju kehidupan normal bagi seluruh aspek kehidupan di Indonesia, tak terkecuali untuk dunia sinema. Dunia sinema Indonesia pada tahun ini perlahan mulai bangkit seiring beroperasi normalnya bioskop secara perlahan pula.

Berbagai tontonan pun dirilis oleh para rumah produksi, sutradara, serta aktor pada tahun ini. Mulai dari komedi, drama, horor, hingga aksi memenuhi daftar tontonan tersedia di bioskop-bioskop Indonesia.

Baru separuh tahun 2022 berjalan, telah ada lima film yang setidaknya menembus jumlah penonton lebih dari satu juta. Hal ini seolah-olah menjadi bukti konkret kebangkitan industri film Indonesia. Sebab, pada tahun lalu hanya ada satu film Indonesia yang berhasil menembus satu juta penonton (Makmum 2: 1.764.372 penonton).

Dua tahun sebelumnya, hanya ada tiga film Indonesia yang berhasil tembus satu juta penonton, yakni Milea: Suara dari Dilan, Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini, dan Akhir Kisah Cinta Si Doel. Lalu, film Indonesia apa saja yang sepanjang paruh tahun 2022 ini merajai studio-studio bioskop di Indonesia hingga pertengahan Juli?

10 film Indonesia terlaris hingga Juli 2022 | GoodStats

1. KKN Desa Penari (9.231.578)

Poster film KKN di Desa Penari | Film Indonesia

Dijadwalkan tayang perdana pada 19 Maret 2020, film ini baru diberi restu untuk benar-benar naik layar ke bioskop pada 30 April 2022 lalu karena pandemi Covid-19. Namun, kesabaran itulah yang membuat film besutan sutradara Awi Suryadi ini berhak mendapatkan hasil yang optimal.

Setelah kurang lebih dua bulan beredar di bioskop, KKN di Desa Penari berhasil menggaet total 9.231.578 penonton sekaligus menjadikan film ini sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa menggeser Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Film yang dirilis pada 2016 itu memiliki total penonton sebanyak 6.858.616 penonton.

2. Ngeri-Ngeri Sedap (2.812.606)

Poster film Ngeri-Ngeri Sedap | Imajinari

Film yang baru mengudara di bioskop Indonesia pada 2 Juni lalu ini telah ditonton sebanyak 2.812.606 orang. Digarap oleh komika Bene Dion Rajagukguk sebagai sutradara dan penulis, film ini merupakan adaptasi dari novel terbitan 2014 lalu dengan judul dan penulis yang sama.

Secara umum, film ini memiliki gambaran besar terkait dinamika rumah tangga dari keluarga suku Batak yang diperankan oleh Arswendi Bening Swara, Tika Panggabean, Gita Bhebita, Boris Bokir, Lolox, Indra Jegel, dan lainnya. Sebelumnya, Bene pernah menggarap film berjudul Ghost Writer yang juga menembus lebih dari 1 juta penonton.

3. Kukira Kau Rumah (2.220.180)

Poster film Kukira Kau Rumah | MD Pictures

Film yang digarap oleh sutradara debutan, Umay Shahab ini berhasil menggaet sebanyak 2.220.180 penonton. Film yang juga diproduseri oleh aktris ternama Indonesia, Prilly Latuconsina dan Yahni Damayanti ini pertama kali tayang di bioskop pada 3 Februari lalu.

Secara umum, film ini merupakan adaptasi dari lagu Kukira Kau Rumah karya grup musik Amigdala dan dibintangi oleh Prilly Latuconsina sebagai Niskala, Jourdy Pranata sebagai Pram, Shenina Cinnamon sebagai Dinda, dan lain sebagainya.

4. The Doll 3 (1.763.029)

Poster film The Doll 3 | The Hitmaker Studios

Film horor yang dibintangi oleh Jessical Mila sebagai Tara, Winky Wiryawan sebagai Aryan, Masayu Anastasia sebagai Rere, dan lainnya ini berhasil menggaet 1.763.029 penonton sejak pertama kali tayang di bioskop pada 26 Mei lalu.

Film ini diproduseri dan disutradarai oleh Rocky Soraya. Selain sekuel The Doll, sebelumnya Rocky juga telah menggarap beberapa film horor lainnya seperti sekuel Mata Batin, Suzzanna: Bernapas dalam Kubur, Sabrina, dan masih banyak lagi.

5. Kuntilanak 3 (1.313.304)

Poster film Kuntilanak 3 | MVP Pictures

Kuntilanak 3 telah tayang di bioskop Indonesia pada 30 April lalu dan berhasil menggaet 1.313.304 penonton. Film yang dibintangi oleh Nicole Rossi, Andryan Bima, Ali Fikry, dan lain-lain ini diproduseri oleh Raam Punjabi dan sutradara Rizal Mantovani, serta ditulis oleh Alim Sudio.

6. Dear Nathan: Thank You Salma (754.744)

Poster film Dear Nathan: Thank You Salma | Film Indonesia

Film yang dibintangi oleh cukup banyak aktor dan aktris ternama Indonesia seperti Amanda Rawles, Jefri Nichol, Ardhito Pramono, Indah Permatasari, dan Susan Sameh ini berhasil menggaet 754.744 penonton setelah tayang pertama kali pada 13 Januari lalu. Film ini disutradari oleh Kuntz Agus dan diproduseri oleh Gope T. Samtani.

7. Gara-Gara Warisan (574.830)

Poster film Gara-Gara Warisan | Starvision

Debut sutradara Muhadkly Acho pada film ini cukup mendapatkan respons positif dari pencinta film Indonesia. Sejak tayang pada 30 April lalu, Gara-Gara Warisan telah ditonton sebanyak 574.830 penonton sekaligus menjadi film terlaris ketujuh hingga Juli 2022 ini. Acho akan kembali beraksi di garapannya yang kedua dengan tajuk Ghost Writer 2 (21 Juli 2022) yang sebelumnya disutradarai oleh Bene Dion.

8. Menjelang Magrib (556.193)

Poster film Menjelang Magrib | Hellroad Films

Film besutan sutradara Helfi Kardit, serta produser Djonny Chen dan Yannie Sukarya ini berhasil mendapatkan 556.193 penonton setelah pertama kali tayang di bioskop pada 31 Maret lalu. Film yang juga ditulis oleh sutradara ini diperankan oleh Annette Edoarda, Novia Bachmid, Jeffry Reksa, dan aktor ternama lainnya.

9. Teluh (500.039)

Poster film Teluh | Film Indonesia

Film yang secara umum memiliki gambaran terkait tradisi masyarakat suku Jawa, yakni kiriman bola api terhadap seseorang ini berhasil mendapatkan 500.039 penonton sejak pertama kali tayang pada 20 Januari lalu. Film ini diproduseri dan disutradai sekaligus oleh Dedy Mercy dan ditulis oleh Gambulano APH. Sebelumnya Dedy sempat menggarap film Hantu Merah Casablanca (2014)

10. Iblis dalam Kandungan (494.896)

Poster film Iblis dalam Kandungan | Film Indonesia

Film ini pertama kali beredar di bioskop seluruh Indonesia pada 10 Maret lalu dan berhasil meraih total 494.896 penonton. Digarap oleh produser Johansyah Jumberan dan Rezha PN, serta sutradara Adhe Dharmastriya, Iblis dalam Kandungan diperankan oleh Nafa Urbach, Ali Syakieb, Denira Wiraguna, dan lain sebagainya.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei Intage: Orang Indonesia Rata-Rata Habiskan Rp1,41 Juta Sebulan buat Si "Anabul"

Intage Group lakukan survei untuk menangkap pola pasar dan tren kepemilikan hewan peliharaan di 4 negara, termasuk Indonesia pada 2023 lalu.

Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan

Fenomena belanja online selama Ramadan tidak hanya menjadi sebuah tren, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keunikan preferensi konsumen di era digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X