Presiden Resmikan Revitalisasi Tahap 1 Stasiun Manggarai, Berapa Jumlah Jalurnya Kini?

Dahulu, jumlah jalur pada stasiun ini terdapat 7 jalur. Kini, terdapat peningkatan 100 persen menjadi 14 jalur.

Presiden Resmikan Revitalisasi Tahap 1 Stasiun Manggarai, Berapa Jumlah Jalurnya Kini? Presiden RI bersama jajaran menteri meresmikan revitalisasi Stasiun Manggarai Tahap 1 (26/12) | BPMI Setpres

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan revitalisasi atau pengembangan tahap 1 salah satu stasiun tersibuk di Indonesia, Stasiun Manggarai pada Senin (26/12). Pengembangan stasiun dengan lalu lintas tersibuk di Indonesia ini telah dilakukan sejak tahun 2016 lalu.

Dalam pidatonya, presiden menjelaskan pentingnya pengembangan stasiun untuk meningkatkan frekuensi dan waktu (headway) perjalanan kereta api. Lebih lanjut, presiden juga menyebut bahwa fasilitas pendukung yang baik dan terintegrasi akan meningkatkan keinginan masyarakat untuk terus menggunakan transportasi massal, yang kemudian mobilitas dan aktivitas masyarakat akan makin lancar dan efisien.

"Stasiun Manggarai merupakan salah satu stasiun dengan lalu lintas kereta api tersibuk di Indonesia, yang setiap harinya melayani pemberhentian KRL Commuter Line tujuan Jakarta Kota, Tanah Abang, dan Bekasi dengan jadwal dan penumpang yang sangat padat," ucap Joko Widodo dilansir situs resmi Kementerian Perhubungan (26/12).

"Masyarakat akan makin senang menggunakan transportasi massal, menggunakan transportasi umum," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu pula, turut hadir Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara, Direktur Utama PT KAI (Persero) Didiek Hartantyo, dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Menhub Budi menjelaskan, revitalisasi atau pengembangan tahap 1 Stasiun Manggarai ini akan meningkatkan sekitar 30 persen kapasitas jumlah penumpang yang akan transit di salah satu stasiun paling sentral di Jabodetabek ini. Komitmen peningkatan kapasitas tersebut salah satunya dilakukan dengan proyek pengembangan jalur rel kereta.

Pengembangan jalur di Stasiun Manggarai pascarevitalisasi tahap 1 | GoodStats

Stasiun Manggarai kini menjadi bagian dari proyek pembangunan rel dwi ganda (double-double track) Manggarai-Cikarang. Dahulu, jumlah jalur pada stasiun ini terdapat 7 jalur. Kini, terdapat peningkatan 100 persen menjadi 14 jalur dengan rincian 10 jalur at grade (bawah) dan 4 jalur elevated (layang).

Presiden Joko Widodo menyebut, dengan fasilitas pendukung kereta api yang kini makin baik dan terintegrasi, diharapkan akan terus meningkatkan keinginan masyarakat untuk menggunakan transportasi massal. Lebih lanjut, hal ini juga akan berdampak pada mobilitas dan aktivitas masyarakat yang dinilai akan makin efisien.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X