Penuh Semangat, Inilah Filosofi Tema dan Logo HUT RI ke-77

Membawa semangat serta harapan baru berlandaskan gotong royong, inilah makna mendalam dari tema dan logo HUT RI ke-77 tahun 2022.

Penuh Semangat, Inilah Filosofi Tema dan Logo HUT RI ke-77 Bendera Merah Putih | Creative Photo Corner/Shutterstock

Tepat hari ini pada 17 Agustus 2022, Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-77 tahun. Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat menjadi tema yang diangkat dalam rangka hari ulang tahun (HUT) RI tahun ini. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Nomor B-620/M/S/TU.00.04/07/2022 yang dikeluarkan oleh Kementerian Sekretariat Negara.

Latar belakang diangkatnya tema ini berkaca dari peristiwa yang bangsa ini hadapi dalam kurun waktu 2 tahun terakhir di mana Indonesia menghadapi tantangan dan ujian bersejarah. Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi berat sangat dirasakan oleh seluruh rakyat di penjuru tanah air. Di tengah keterpurukan tersebut, seluruh elemen bangsa saling bergerak bersama dan bergotong royong mewujudkan harapan.

Logo HUT ke-77 yang memiliki 2 variasi warna antara merah dan putih ini memiliki karakter visual yang mencerminkan rasa optimis dari bangsa yang dinamis, bersinergi, tegas, dan lugas. Total ada 7 makna filosofi yang tertuang dalam logo HUT RI ke-77 yang mana masing-masing simbol mengandung arti tersendiri.

Ketujuh simbol yang tertuang dalam logo HUT RI ke-77 antara lain ialah 2 anak panah ke atas (percepatan dan pergerakan), 2 anak tangga (progres dan pembangunan), bagian atas terpotong (demokrasi dan keterbukaan), garis miring dan sudut runcing (semangat juang dan Garuda Pancasila), 2 garis melengkung (sinergi dan harapan), sudut penghubung (penghubung antar bangsa), serta siluet angka 1 (persatuan Indonesia).

Sementara itu di sisi lain, logo HUT RI terus mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Secara garis besar seluruh logo HUT RI mengandung variasi warna bendera Indonesia yakni merah dan putih dengan bentuk angka yang melambangkan usia kemerdekaan RI.

Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, bersama-sama wujudkan harapan “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” untuk menuju Indonesia maju.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Editor

Konten Terkait

Perusahaan Ideal Seperti Apa yang Dicari Gen Z?

Memiliki lingkungan kerja yang nyaman, mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan diri, dan memiliki bos yang baik jadi kriteria perusahaan ideal menurut Gen Z.

Inilah Data Kontribusi Suara Parpol di Pemilu 2024 Kepada Prabowo-Gibran

Gerindra dan PSI dominasi jajaran atas. Menarik, lebih dari 50% pemilih Perindo-Hanura memilih 02. Selain itu, sekitar 50% pemilih PPP-PKB turut memilih 02

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X