Malam Tahun Baru 2023 di DKI Jakarta Hasilkan 74 Ton Sampah, Menurun dari Sebelum Masa Pandemi

Masyarakat DKI Jakarta terus menghasilkan sampah sebanyak ratusan ton pada malam pergantian tahun, kecuali pada tahun ini dan 2021 lalu.

Malam Tahun Baru 2023 di DKI Jakarta Hasilkan 74 Ton Sampah, Menurun dari Sebelum Masa Pandemi Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sedang membersihkan sisa sampah perayaan malam tahun baru di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat | Beri

Ibu kota Indonesia, DKI Jakarta merayakan malam pergantian tahun 2023 dengan semarak. Setelah dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Pemerintah RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali melakukan ragam perayaan di beberapa titik kota administrasi.

Pada malam pergantian tahun 2023 kemarin, DKI Jakarta menggelar Festival Malam Tahun Baru 2023 di Taman Mini Indonesia Indah sebagai titik puncaknya. Selain itu, Pemprov DKI Jakarta juga kembali mengaktifkan car free night di kawasan Sudirman-Thamrin dengan ragam acara Festival Malam Muda-Mudi.

Tak berhenti di sana, Pemprov DKI Jakarta juga membuat perayaan malam pergantian tahun di beberapa titik strategis seperti kawasan Monumen Nasional, Ancol, Batavia Kota Tua, Thamrin 10, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Setu Babakan, Old Shanghai, hingga Pulau Untung Jawa.

Dari ragam titik tersebut, Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mencatat terdapat 74 ton sampah yang dikumpulkan pada perayaan malam tahun baru di DKI Jakarta. Yang menggembirakan, angka ini disebut menurun dari total sampah yang dikumpulkan pada perayaan malam pergantian tahun baru di DKI Jakarta pada masa sebelum pandemi.

"Sampah yang terkumpul pada malam perayaan pergantian tahun ini di Jakarta sebanyak 74 ton. Jumlah ini lebih kecil daripada dua tahun lalu sebelum pandemi yang mencapai 125 ton. Ini mungkin karena perayaan pertama setelah pandemi, massa belum seramai seperti biasanya dan relatif lebih tertib," terang Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto dilansir Detik (1/1).

Asep menjelaskan, pihaknya telah mengerahkan total 3.180 petugas kebersihan yang tersebar dibeberapa titik pusat keramaian malam pergantian tahun di DKI Jakarta. Kegiatan operasi kebersihan itu pun ia klaim berhasil dan sesuai dengan target secara waktu.

"Seluruh pasukan serta armada dari Dinas Lingkungan Hidup sudah dimobilisasi dalam menangani kebersihan di area perayaan tahun baru pada pukul 00.30 WIB. Alhamdulillah kita sudah selesai membersihkan Jakarta pada pukul 05.00 WIB tadi. Sesuai target," jelasnya.

Jumlah sampah terkumpul sepanjang malam tahun baru di DKI Jakarta dalam lima data terakhir | GoodStats

Berdasarkan data yang disebutkan DLH DKI Jakarta di tiap tahunnya, masyarakat DKI Jakarta terus menghasilkan sampah sebanyak ratusan ton pada malam pergantian tahun, kecuali pada tahun ini dan 2021 lalu. Pada 2021, total sampah yang dicatat DLH DKI Jakarta pada malam pergantian tahun hanya sebanyak 3,2 ton.

Sementara itu, pada 2020 dan 2019 masing-masing terdapat 125 ton dan 327 ton sampah yang terkumpul pada malam pergantian tahun. Bahkan, pada 2018 sempat terkumpul sebanyak 790 ton sampah pada malam pergantian tahun.

Penulis: Raihan Hasya
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei Intage: Orang Indonesia Rata-Rata Habiskan Rp1,41 Juta Sebulan buat Si "Anabul"

Intage Group lakukan survei untuk menangkap pola pasar dan tren kepemilikan hewan peliharaan di 4 negara, termasuk Indonesia pada 2023 lalu.

Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan

Fenomena belanja online selama Ramadan tidak hanya menjadi sebuah tren, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keunikan preferensi konsumen di era digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X