Emisi Karbon 2021 Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Negara Penyumbang Terbesarnya

China menjadi negara dengan sumbangan emisi karbon terbesar di tahun 2021. Emisi karbon yang dihasilkan China setara dengan 33 persen total emisi karbon dunia.

Emisi Karbon 2021 Terbesar Sepanjang Sejarah, Ini Negara Penyumbang Terbesarnya Ilustrasi│Chris LeBoutillier/Unsplash

Pemanasan global yang saat ini terjadi adalah ancaman nyata. Dilansir dari Climate.gov, rata-rata suhu bumi mengalami peningkatan sebesar 0,08 derajat celcius setiap 10 tahun sejak tahun 1881.

Di tahun 2021, rata-rata suhu bumi 1,04 derajat celcius lebih hangat jika dibandingkan pada masa pra industrialisasi (1850-1900). Selain itu, tahun 2013 hingga 2021 kemarin tercatat sebagai dekade tahun-tahun terpanas yang tercatat sepanjang sejarah.

Alhasil, iklim bumi yang sudah terpengaruh pemanasan global saat ini terasa lebih panas jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Pada kenyataannya, hawa panas yang kita rasakan ini bukan hanya berasal dari perasaan kita, tapi memang pada kenyataannya suhu permukaan semakin panas setiap tahunnya. Terlebih dalam beberapa tahun ini, dimana peningkatan suhu bumi lebih signifikan.

Pemanasan global yang saat ini semakin signifikan, salah satunya dipengaruhi oleh emisi karbon. Emisi karbon sendiri adalah proses pelepasan karbon ke lapisan atmosfer bumi. Apabila jumlah karbon yang terlepas ke lapisan atmosfer bumi terlalu besar, maka akan berpengaruh pada peningkatan suhu permukaan bumi.

Emisi karbon dapat terjadi karena pembakaran senyawa yang mengandung karbon, seperti penggunaan bahan bakar fosil. Aktivitas-aktivitas yang melibatkan penggunaan bahan bakar fosil seperti dalam kegiatan industri dan penggunaan kendaraan bermotor adalah penyebab terjadinya emisi karbon. Selain itu, penggunaan barang elektronik juga menjadi salah penyebab utama emisi karbon, khususnya pada proses produksi.

Berdasarkan data dari IEA (International Energy Agency), total terdapat 36,25 gigaton CO2 yang terlepas di atmosfer pada tahun 2021. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 6 persen dibandingkan pada tahun 2020, sekaligus tercatat menjadi emisi karbon terbesar sepanjang sejarah manusia.

Negara Penyumpang Emisi Karbon Terbesar di Tahun 2021│GoodStats

 

Dari jumlah tersebut, China menjadi negara dengan jumlah emisi karbon terbesar, dimana China berkontribusi terhadap 11,94 gigaton CO2 yang terlepas ke atmosfer di tahun 2021, jumlah tersebut hampir 33 persen dari seluruh total seluruh emisi karbon di tahun 2021.

Amerika Serikat menjadi negara kedua dengan sumbangan emisi karbon terbesar di tahun 2021. Amerika Serikat menyumbang setidaknya 4,64 gigaton CO2 di tahun 2021. Kemudian Uni Eropa dengan 2,71 gigaton CO2, dan India dengan 2,54 gigaton CO2.

Emisi karbon yang dihasilkan China, Amerika Serikat, dan India sendiri di tahun 2021 sudah lebih besar dari gabungan seluruh negara lain di dunia. Tidak hanya pada tahun 2021, 3 negara tersebut telah menjadi negara dengan sumbangan emisi karbon terbesar selama beberapa tahun ke belakang.

Di tahun 2020, emisi karbon di seluruh dunia mengalami penurunan sebesar 5,1 persen. Hal ini dikarenakan aktivitas industri yang sedikit melambat di masa pandemi Covid-19. Namun, setelah pandemi selesai, emisi karbon kembali meningkat, dan bahkan mencapai titik tertingginya sepanjang sejarah.

Dilansir dari CNBC, para ahli menyatakan bahwa jika tingkat emisi karbon terus berjalan seperti ini tanpa ada penanganan, temperatur bumi kemungkinan akan naik sebesar 1,5 derajat celcius dalam 5 tahun ke depan.

Pemanasan global tentu tidak bisa dianggap sebagai isapan jempol belaka. Selain menyebabkan suhu bumi yang semakin panas, pemanasan global juga akan berdampak pada perubahan lingkungan, hingga masalah kesehatan.

Oleh karena itu, saat ini pemanasan global menjadi salah satu isu lingkungan yang sering dikampanyekan di seluruh penjuru dunia. Jika pemanasan global terus terjadi, bumi akan berubah menjadi tempat yang tidak layak huni dalam ratusan atau bahkan puluhan tahun ke depan.

Penulis: Rangga Hadi Firmansyah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Taylor Swift Menjadi Miliarder, dari Mana Saja Sumber Kekayaannya?

Kesuksesan finansial seorang penyanyi tidak hanya berasal dari penjualan rekaman atau konser, tetapi juga dari strategi bisnis yang cerdas.

7 Letusan Gunung Berapi Terbesar dalam Sejarah, Gunung Tambora Indonesia Nomor Satu

Dua letusan gunung berapi di Indonesia tercatat sebagai letusan terbesar dalam sejarah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X