Ekspektasi Masyarakat terhadap Latar Belakang Presiden RI 2024

Serangkaian agenda Pemilu 2024 sedang dijalankan secara bertahap. Menimbang-nimbang capres yang akan maju, bagaimana ekspektasi masyarakat?

Ekspektasi Masyarakat terhadap Latar Belakang Presiden RI 2024 Presiden Joko Widodo melambaikan tangan kepada masyarakat dalam perjalanan menuju Istana Presiden | Prayoga Fullepos Prayoga/Shutterstock

Semakin dekat dengan perhelatan pesta demokrasi pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024, serangkaian agenda pemilihan telah disusun dan saat ini sedang bertahap dijalankan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama dengan pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyepakati pemungutan suara Pemilu akan diselenggarakan serentak pada 14 Februari 2024 mendatang.

Peserta Pemilu sendiri akan ditetapkan pada 14 Desember 2022 mendatang, tinggal menghitung beberapa bulan saja. Sementara itu, pencalinan presiden dan wakil presiden akan berlangsung pada 19 Oktober hingga 25 November 2023.

Sebuah survei yang dilakukan oleh Indopol Survey & Consulting pada 24 Juni hingga 1 Juli 2022 lalu mengungkapkan bahwa mayoritas responden menginginkan presiden RI kelak berasal dari latar belakang kepala daerah. Adapun persentasenya mencapai 23,58 persen responden.

Latar belakang presiden RI periode 2024 yang dipilih oleh masyarakat Indonesia tahun 2022 | GoodStats

Hingga saat ini beberapa tokoh publik ternama yang memiliki latar belakang sebagai kepala daerah antara lain Ganjar Pranowo (Gubernur Jawa Tengah), Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), dan lain-lain.

Lebih lanjut, temuan survei Indopol mengungkapkan bahwa dari tokoh kepala daerah di atas, Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas tertinggi yakni sebesar 24,55 persen pada Juni 2022. Diikuti Anies Baswedan dengan raihan sebesar 20,41 persen dan Ridwan Kamil sebesar 10,98 persen. Adapun tren elektabilitas ketiga tokoh ini secara konsisten mengalami kenaikan dari periode November 2021 hingga Juni 2022.

Berikutnya, sebesar 18,86 persen responden mengungkapkan bahwa mereka menginginkan presiden RI berlatar belakang Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang terpilih pada Pemilu periode 2024 mendatang. Raihan ini menempatkan profesi TNI di posisi ke-2 dalam survei Indopol.

Adapun posisi ke-3 diraih oleh tokoh agama dengan raihan sebesar 12,85 persen pada tahun 2022. Diikuti tokoh intelektual di posisi ke-4 serta ketua partai politik di posisi ke-5 dengan raihan masing-masing sebesar 10 dan 3,82 persen.

Selain itu, terdapat beberapa responden menginginkan calon presiden dengan latar belakang pengusaha (3,09 persen) dan aktivis (2,03) untuk terpilih dalam Pemilu 2024. Sisanya, sebesar 6,5 persen responden memilih calon presiden dengan latar belakang lainnya dan 19,27 persen responden mengungkapkan tidak tahu atau tidak menjawab.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Apa Pendapat Publik Soal Putusan MK Atas Sengketa Pemilu 2024?

Dalam beberapa survei, opini publik soal sengketa Pemilu 2024 menunjukkan keberagaman. Salah satu latar belakang yang berpengaruh adalah pilihan di Pemilu lalu.

Menormalisasi Skincare bagi Kaum Pria

Tidak hanya wanita, skincare dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk laki-laki. Bahkan penggunaan skincare justru lebih dibutuhkan oleh laki-laki.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X