10 Negara dengan Internet Paling Kencang di Dunia 2022

Di era perkembangan digital seperti saat ini, internet tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Lantas, negara mana saja yang memiliki akses internet tercepat?

10 Negara dengan Internet Paling Kencang di Dunia 2022 Ilustrasi kecepatan akses internet | Freepik

Internet menjadi salah satu kebutuhan manusia di era teknlogi seperti saat ini. Internet digunakan untuk mengakses beragam informasi dengan cepat dari segala belahan dunia. Kecepatan internet di seluruh dunia juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada 2022, kecepatan rata-rata internet global meningkat sekitar 15 persen dari tahun sebelumnya menjadi 34,79 mega byte per second (Mbps).

Melansir data tren pengguna internet di dunia menurut Hootsuite dan We Are Social 2022, pengguna internet di seluruh dunia sudah mencapai 4,95 miliar pada tahun 2021, naik 4 persen dari tahun sebelumnya. Adapun, total populasi penduduk dunia mencapai 7,91 miliar jiwa di tahuh 2021. Maka, jumlah penduduk yang terhubung dengan internet di dunia angkanya sudah mencapai 63 persen. Lalu, negara mana saja yang memiliki akses internet tercepat di dunia?

Merujuk laporan dari situs analisa broadband Cable.co.uk, Makau berada di puncak daftar berdasarkan akses internet tercepat di dunia pada 2022 dengan kecepatan unduh rata-rata 262,74 Mbps. Sementara, di peringkat kedua ada pulau kecil Jersey, yang terletak di Selat Inggris dengan kecepatan 256,59 Mbps.

Disusul oleh Islandia di urutan ketiga dengan akses internet mencapai 216,56 Mbps. Lalu, ada Liechtenstein yang memiliki akses sebesar 166,22 Mbps. Sedangkan, di posisi kelima ialah Gibraltar yang berada di wilayah pantai selatan Spanyol, dengan kecepatan mencapai 159,90 Mbps.

Daftar negara yang memiliki akses internet tercepat di dunia | Goodstats

Berdasarkan data Broadband Speed League 2022, tiap negara yang berada di peringkat lima teratas ini memiliki kesamaan. Salah satunya ialah empat dari lima negara tersebut berada di kawasan Eropa Barat, dengan makau di Asia sebagai pengecualian. Kelima negara tersebut sangat kecil dan berbentuk kepulauan. Maka, akan jauh lebih mudah untuk meluncurkan FTTP broadband dan 5G mobile internet ke dalam populasi atau area yang lebih kecil.

Taiwan berada di posisi keenam atau peringkat nomor satu jika diurutkan berdasarkan negara dengan populasi penduduk yang mencapai lebih dari satu juta jiwa. Taiwan memiliki akses internet dengan kecepatan unduhan rata-rata mencapai 135,88 Mbps. Angka ini sekitar 13,55 Mbps lebih banyak dari Jepang yang menempati posisi ketujuh.

Sedangkan, negara-negara yang memiliki kecepatan jaringan internet paling lambat, diantaranya ialah Turkmenistan (0,77 Mbps), Republik Demokratik Timor-Leste (0,94 Mbps), Yaman (0,97 Mbps), Guinea-Bissau (0,98 Mbps) serta Afghanistan (0,98 Mbps).

Dua dari lima negara berdasarkan daftar terbawah dalam kecepatan akses internet terletak di wilayah Asia. Kelima negara ini memiliki infrastruktur jaringan yang kurang berkembang serta penyerapan layanan digital yang rendah jika dibandingkan dengan total populasi mereka.

Penulis: Nada Naurah
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Negara Paling Banyak Blokir Akses Internet di Dunia

Pemblokiran internet merupakan strategi negara untuk menjaga stabilitas pemerintahan di tengah konflik. India mencatat rekor pemblokiran tertinggi dalam daftar.

Hanya Dua dari Tiga Penduduk Dunia Terkoneksi Internet

Terdapat 5,35 miliar pengguna internet di seluruh dunia, yang berarti masih ada 34% penduduk dunia yang belum terkoneksi internet.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X