Bangga, Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Terindah di Dunia 2022

Forbes dan Money.co.uk menobatkan Indonesia sebagai negara terindah di dunia pada tahun 2022 mengalahkan 50 negara lainnya.

Bangga, Indonesia Dinobatkan Jadi Negara Terindah di Dunia 2022 Pulau Raja Ampat di Papua, Indonesia | Raiyani Muharramah/Shutterstock

Sebuah studi oleh Money.co.uk yang dirilis oleh Forbes pada Februari 2022 menobatkan Indonesia sebagai negara paling indah di dunia. Tak tanggung-tanggung, Indonesia berhasil mengalahkan 50 negara lainnya untuk mendapatkan predikat tersebut.

50 negara terindah di dunia versi Forbes & Money.co.uk tahun 2022, Indonesia raih peringkat teratas | Angelia/GoodStats

Bagaimana indikator keindahan suatu negara diukur? Money.co.uk melakukan pemeringkatan berdasarkan analisis jumlah keindahan alam di setiap lokasi, mulai dari terumbu karang, hutan hujan tropis, gunung berapi, gletser, dan masih banyak lagi.

Salman Haqqi selaku editor keuangan pribadi Money.co.uk mengutarakan bahwa pada hakikatnya keindahan bersifat subjektif, namun yang jelas negara-negara ini memiliki banyak hal yang ditawarkan kepada pengunjung seperti bertualang di pegunungan atau bersantai di tepi pantai.

Dalam hasil survei tersebut, Indonesia memperoleh skor tertinggi yakni sebesar 7,7 dari 10, menempatkannya di peringkat pertama. Indonesia menjadi rumah bagi lebih dari 17.000 pulau. Tak jauh dari garis pantai pulau-pulau ini, para wisatawan dapat menemukan lebih dari 31.000 mil persegi terumbu karang yang penuh dengan kehidupan. Salah satunya dapat dieksplor di provinsi yang terkenal yakni Bali.

Sejumlah wisata alam lainnya yang mendukung Indonesia untuk menggaet predikat ini antara lain ialah Taman Nasional Komodo yang menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO, Pulau Sumatra yang diselimuti oleh hutan hujan tropis, serta Kalimantan yang menjadi kawasan perlindungan orangutan.

Sementara itu, posisi ke-2 diraih oleh Selandia Baru dengan raihan skor sebesar 7,27 dari 10. Selandia Baru dikenal akan keindahan alam dari puncak gunung, perbukitan, sejumlah gletser, serta gunung berapi aktif. Tidak heran jika banyak film seperti The Lord of the Rings melakukan syuting di Selandia Baru.

Adapun posisi ke-3 diraih oleh Kolombia dengan skor sebesar 7,16 dari 10. Kolombia juga dikenal akan garis pantai yang panjang dan memiliki berbagai variasi pemandangan alam mulai dari Amazon hingga Andes.

Beberapa negara lainnya yang masuk dalam daftar ini secara berurutan di posisi ke-4 hingga ke-10 antara lain ialah Tanzania, Meksiko, Kenya, India, Prancis, Papua Nugini, dan Komoro.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

10 Negara Paling Tidak Aman untuk Wanita

Afghanistan memperoleh indeks WPS sebesar 0,286, menjadikannya negara paling tidak aman untuk wanita.

Deretan Negara Penghasil Sampah Makanan Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

UN Environment Programme mengestimasi 630,96 juta ton sampah makanan dihasilkan secara global tiap tahunnya. Tiongkok menjadi penyumbang terbesar dengan 17,22%.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X