5 Gereja dengan Kapasitas Jemaat Terbanyak di Indonesia

Beberapa gereja terbesar di Indonesia ini sanggup menampung ribuan hingga puluhan ribu jemaat sekaligus dalam satu gedung.

5 Gereja dengan Kapasitas Jemaat Terbanyak di Indonesia Potret Gereja | Sa-nguansak Supong/Shutterstock

Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri mencatat ada sebanyak 20,45 juta jiwa (7,47 persen) pemeluk Kristen serta 2,91 juta jiwa (3,08 persen) pemeluk Katolik di Indonesia pada tahun 2021. Bila ditotal, persentase umat Kristiani mencapai 10,55 persen total populasi di Indonesia yang berjumlah 273,87 juta jiwa.

Gereja sebagai rumah ibadah umat Kristiani sudah hadir di Indonesia sejak abad ke-2 masehi. Gereja pertama dibangun di daerah Fansur atau Barus, Sumatra Utara dan hingga saat ini jumlahnya terus bertambah seiring perkembangan zaman.

Sebanyak lebih dari 70 ribu gereja tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Beberapa di antaranya memiliki bangunan yang luas serta arsitektur yang megah. Oleh karena luasnya bangunan gereja, tidak sedikit gereja yang dapat menampung ribuan bahkan hingga puluhan ribu jemaat dalam 1 gedung.

Mengutip situs bersamakristus.org, berikut 5 gereja dengan kapasitas jemaat terbanyak di Indonesia.

Gereja dengan kapasitas jemaat terbanyak di Indonesia | Angelia/GoodStats

1. Gereja Bethany Surabaya, Jawa Timur

Bethany Nginden Diantara Sepuluh Gereja Terbesar Di Dunia – Sinode Gereja  Bethany Indonesia
Gereja Bethany Surabaya | bethany.or.id

Gereja Bethany Surabaya merupakan bagian dari Sinode Gereja Bethel Indonesia (GBI) yang telah berdiri sejak tahun 1978. Didirikan oleh Pdt. Abraham Alex Tanuseputra, Gereja Bethany Surabaya merupakan salah satu gereja terbesar dan tertua di Indonesia. Selain itu, gereja ini dinobatkan sebagai bangunan terbesar pertama di kawasan ASEAN.

Gereja Bethany Surabaya menjadi salah satu gereja yang menerapkan teologi karismatik dengan denominasi Pentakostal. Gereja ini juga menjadi bagian dari Persekutuan Injili Indonesia (PII).

Berlokasi di Jalan Manyar Rejo II nomor 36-38, Kota Surabaya, kapasitas gereja ini semula dapat menampung 20.000 jemaat saat rampung pada tahun 2000 silam. Namun sekarang kapasitas gereja ini sudah ditingkatkan hingga dapat menampung 35.000 jemaat.

2. Gereja JKI Kerajaan Allah Semarang, Jawa Tengah

Sejarah Singkat | JKI Injil Kerajaan - Gospel Of The Kingdom Church
Gereja JKI Kerajaan Allah Semarang | newchapter.jkiinjilkerajaan.org

Diresmikan pada tahun 2007, Gereja JKI Kerajaan Allah Semarang dapat menampung hingga 12.000 jemaat. Berlokasi di Jalan Arteri Utara, Komplek Grand Marina, Semarang, gereja ini terkenal akan kemegahan arsitekturnya.

Gereja ini juga memiliki cabang di Yogyakarta dengan daya tampung 1.500 jemaat. Gereja JKI Kerajaan Allah Semarang memiliki misi untuk membawa orang dalam kasih Allah.

Umumnya, jadwal kebaktian di gereja ini dibagi menjadi 3 jadwal dengan kisaran 6.000 jemaat yang hadir pada tiap waktu kebaktian. Gereja ini memiliki gedung sekolah SD hingga SMA, Sekolah Tinggi Theologia (STT), stasiun televisi lokal bernama TA TV, dan siaran radio lokal bernama El Shadai FM.

3. GBI Mawar Saron Kelapa Gading, DKI Jakarta

VIDEO Pandemi Covid-19, Ibadah Natal GBI Mawar Saron Digelar Daring -  Wartakotalive.com
GBI Mawar Saron Kelapa Gading | wartakota.tribunnews.com

GBI Mawar Saron Kelapa Gading didirikan di tanah seluas 9.780 meter persegi pada tahun 1992. Kemudian gereja ini diresmikan pada tahun 1995 oleh Pdt. David Yonggie Cho. Gereja ini berlokasi di Jl. Hybrida Timur, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara.

Gedung ini memiliki 5 sekretariat gereja, 5 sekolah evangelist, dan bangunan untuk pendidikan di lantai 5. Pada tahun 2004 gereja ini melakukan pembangunan kembali hingga sanggup menampung 10.000 jemaat.

4. Gereja Reformed Injili Indonesia, DKI Jakarta

Lokasi GRII Jabodetabek Terdekat
Gereja Reformed Injili Indonesia | griipondokindah.org

Gereja Reformed Injili Indonesia yang memiliki nama lain Katedral Mesias Kemayoran berdiri di atas lahan seluas 12.000 meter persegi. Gereja ini diperkirakan dapat menampung sekitar 7.000 jemaat. Gereja ini berlokasi di Jalan Industri Blok B-14 nomor 1, Kemayoran, Jakarta Pusat, tepat berseberangan dengan Gedung Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat dan Gedung Kantor Layanan Pajak KPP Kemayoran.

Gereja Reformed Injili Indonesia menjadi ikon tempat ibadah baru yang unik berkat desain arsitektur yang megah dengan atap gereja menyerupai kubah berwarna biru. Kompleks gereja ini memiliki luas sebesar 12.000 meter persegi.

Beberapa bangunan yang terdapat di kompleks gereja ini di antaranya ialah Aula Mesias Katedral yang sanggup menampung 4.800 jemaat, Aula John Calvin untuk menampung 2.200 jemaat, ruang aktivitas belajar mengajar anak-anak, serta ruang lainnya untuk kaum muda dan anak-anak.

5. GBI Rock Denpasar, Bali

SITIBA (Sistem Informasi Tempat Ibadah di Bali)
GBI Rock Lembah Pujian Denpasar | rumahibadah.kemenagbali.com

GBI Rock Denpasar atau yang dikenal pula dengan nama Lembah Pujian merupakan salah satu gereja dengan aliran karismatik di Indonesia. Berlokasi di Jalan Antasura, Peguyangan Kangin, Denpasar, gereja ini sanggup menampung lebih dari 5.000 jemaat.

Awalnya gereja ini hanya sanggup menampung 4.500 jemaat, namun pada tahun 2006 dilakukan pembangunan kembali hingga dapat menampung sekitar 5.400 jemaat. Kemudian, pada tahun 2009 gereja ini berhasil ditahbiskan.

Jika ditinjau lebih jauh, masih banyak gereja di Indonesia yang sanggup menampung jemaat dalam jumlah besar. Hingga saat ini, gereja-gereja di Indonesia giat melakukan ekspansi untuk meningkatkan kapasitas serta kualitas gedung bagi para jemaat agar dapat melaksanakan ibadah secara nyaman di dalam gereja.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan

Fenomena belanja online selama Ramadan tidak hanya menjadi sebuah tren, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keunikan preferensi konsumen di era digital.

Ini Daftar Lengkap Perolehan Kursi Parpol Pada Pileg 2024

Meskipun menang hattrick, perolehan kursi PDI-P turun 18 kursi, kursi Golkar naik 17 kursi. Sebelumnya, Golkar diisukan mengincar kursi ketua DPR.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X