10 Danau Terluas di Indonesia

Memiliki kekayaan alam yang berlimpah ruah, Indonesia memiliki banyak danau mempesona. Tak hanya indah, sejumlah danau memiliki ukuran yang sangat luas.

10 Danau Terluas di Indonesia Danau Toba | sydeen/Shutterstock

Danau didefinisikan sebagai sebuah cekungan besar yang berisi genangan air, dikelilingi oleh daratan, serta terpisah dengan laut. Danau memiliki fungsi utama sebagai wadah penampung air serta pendukung ekosistem perairan darat.

Indonesia dengan kekayaan alam yang berlimpah memiliki banyak danau yang mempesona dari berbagai wilayah di tanah air. Kementerian Lingkungan Hidup mencatat jumlah danau di Indonesia terhitung mencapai 1.575 danau, 840 danau di antaranya merupakan danau besar dan sisanya danau kecil berjumlah 735.

Tidak hanya indah, sejumlah danau di Indonesia berukuran sangat luas. Berikut merupakan daftar 10 danau terluas di Indonesia.

10 danau terluas di Indonesia tahun 2022 | GoodStats

1. Danau Toba

Mengenal Danau Toba, Danau Vulkanik Terbesar Di Dunia
Danau Toba | travelingyuk.com

Danau Toba berhasil menempati peringkat pertama danau terluas di Indonesia hingga saat ini. Adapun danau yang tersohor di Sumatra Utara ini memiliki luas 1.130 kilometer persegi (km2).

Untuk kedalamannya sendiri, Danau Toba tercatat memiliki kedalaman sejauh 505 meter. Danau Toba pun didapuk sebagai danau vulkanik terbesar di dunia.

Luasnya Danau Toba berbatasan langsung dengan 7 kabupaten berbeda di Sumatra Utara. Ketujuh kabupaten tersebut di antaranya Simalungun, Toba Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir.

2. Danau Towuti

Danau Towuti, Lokasi Wisata Purba yang Lebih Tua dari Danau Toba
Danau Towuti | askara.co

Posisi ke-2 diraih oleh Danau Towuti yang terletak di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Adapun Danau Towuti memiliki luas sebesar 561 km2.

Kedalaman maksimal dari Danau Towuti ialah sedalam 203 meter. Danau ini digunakan sebagai destinasi wisata serta tempat konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan.

3. Danau Tempe

Danau Tempe, Danau Purba Unik yang Simpan Keindahan Alam - ARSY Tours &  Travel | Tour Operator Travel Agent Sulawesi Makassar
Danau Tempe | arsy.co.id

Adapun posisi ke-3 diraih oleh Danau Tempe di Sulawesi Selatan dengan total luas danau 350 km2.

Danau Tempe tepatnya berlokasi di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan dan memiliki kedalaman 5 meter. Hal ini disebabkan oleh sedimentasi yang terjadi di Danau Tempe.

4. Danau Poso

Danau Poso, Danau Tektonik Syarat Legenda Di Poso - NativeIndonesia.com
Danau Poso | nativeindonesia.com

Danau Poso menempati posisi ke-4 dengan total luas mencapai 323 km2. Danau Poso sendiri terletak di Sulawesi Tengah.

Danau Poso mencatatkan kedalaman maksimal sejauh 450 meter. Keunikan dari Danau Poso ialah memiliki pasir yang berwarna kuning keemasan meski berada di ketinggian 657 mdpl.

5. Danau Sentarum

Danau Sentarum Danau Musiman yang Indah di Kalimantan Barat - Kalimantan  Barat
Danau Sentarum | ksmtour.com

Danau Sentarum yang terletak di Kalimantan Barat mencetak rekor di posisi ke-5 dengan raihan luas danau sebesar 275 km2.

Danau Sentarum merupakan danau berjenis floodplain dengan kedalaman sejauh 8 meter. Selama 10 bulan setiap tahun, Danau Sentarum akan dipenuhi dengan air, sementara pada bulan-bulan berikutnya air di danau ini akan menyurut yang kemudian membentuk kolam-kolam kecil.

6. Danau Paniai

Apa yang anda ketahui tentang danau Paniai ? - Diskusi Wisata - Dictio  Community
Danau Paniai | dictio.id

Beralih ke Papua, Danau Paniai berhasil menempati posisi ke-6 danau terluas di Indonesia dengan raihan seluas 195 km2.

Danau Paniai terletak di ketinggian 1.742 mdpl dan memiliki kedalaman maksimal sejauh 50 meter. Adapun jarak dari ibu kota Jayapura ke lokasi Danau Paniai sendiri diperkirakan mencapai 496 kilometer.

7. Danau Matano

Indonesia.go.id - Danau Matano Terdalam di Asia Tenggara dan Peninggalan  Benda Bersejarah
Danau Matano | indonesia.go.id

Lagi-lagi dari Sulawesi Selatan, Danau Matanao berhasil masuk dalam daftar di posisi ke-7 dengan luas danau sebesar 164 km2.

Danau Matano sendiri merupakan danau terdalam yang ada di Indonesia. Kedalaman maksimal danau ini terhitung mencapai 590 meter. Danau yang terletak di Kabupaten Luwu Timur ini berada di ketinggian 382 mdpl.

8. Danau Ranau

Pesona Danau Ranau, Danau Kedua Terbesar di Sumatra Setelah Danau Toba
Danau Ranau | Akhmad Dody Firmansyah/Shutterstock

Sementara itu, Danau Ranau yang membentang di 2 provinsi yakni Sumatra Selatan dan Lampung berada di posisi ke-8 danau terluas di Indonesia. Adapun luas Danau Ranau terhitung mencapai 125,9 km2.

Berada di ketinggian 540 mdpl, Danau Ranau mencatatkan kedalaman maksimal sejauh 229 meter. Berdasarkan volume air, Danau Ranau menempati posisi ke-2 danau dengan volume air terbanyak.

Danau Ranau lebih tepatnya berada di perbatasan antara Kabupaten Lampung Barat di Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan di Sumatra Selatan.

9. Danau Singkarak

Danau Singkarak, Danau Terbesar Sumatera Barat - Bobo
Danau Singkarak | bobo.grid.id

Posisi ke-9 diraih oleh Danau Singkarak dengan total luas sebesar 107,8 km2. Danau Singkarak merupakan danau terluas yang berada di provinsi Sumatra Barat.

Danau Singkarak memiliki kedalaman maksimal sejauh 268 meter. Danau Singkarak membentang di antara 2 kabupaten di Sumatra Barat yakni Kabupaten Solok dan Tanah Datar. Cekungan danau ini terbentuk dari vulkanik letusan gunung berapi.

10. Danau Maninjau

Danau Maninjau Wisata Alam dengan Legenda Bujang Sembilan di Sumatera Barat  - Sumatera Barat
Danau Maninjau | ksmtour.com

Satu lagi dari Sumatra Barat, Danau Maninjau mengamankan posisi ke-10 danau terluas di Indonesia. Adapun luas Danau Maninjau ialah 99,5 km2.

Danau Maninjau berada di ketinggian 459 mdpl dan memiliki kedalaman sejauh 165 meter. Danau ini terbentuk dari letusan Gunung Sitinjau sekitar 52.000 tahun lalu.

Penulis: Diva Angelia
Editor: Iip M Aditiya

Konten Terkait

Survei Intage: Orang Indonesia Rata-Rata Habiskan Rp1,41 Juta Sebulan buat Si "Anabul"

Intage Group lakukan survei untuk menangkap pola pasar dan tren kepemilikan hewan peliharaan di 4 negara, termasuk Indonesia pada 2023 lalu.

Platform Belanja Online yang Paling Disukai Masyarakat saat Ramadan

Fenomena belanja online selama Ramadan tidak hanya menjadi sebuah tren, tetapi juga mencerminkan keberagaman dan keunikan preferensi konsumen di era digital.

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook
Student Diplomat Mobile
X